Komitmen Melindungi Hak Anak Dideklarasikan di Kecamatan Dentim

Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa Harapkan Literasi Anti Kekerasan Dapat Disebarluaskan melalui Forum Anak

DENPASAR, MataDewata.com | Jajaran Pemerintah Kecamatan Denpasar Timur bersama Forum Anak setempat, menggagas pendeklarasian komitmen untuk melaksanakan dan melindungi pemenuhan hak anak di seluruh Desa/Kelurahan di wilayahnya. Adapun penandatanganan piagam komitmen yang dirangkaikan pada kegiatan Inagurasi Forum Anak Kecamatan Denpasar Timur.

Dilandasi semangat untuk mengefektifkan peran literasi untuk memerangi kekerasan anak. Digelar di Wantilan Pura Dalem Yang Baru, Minggu (11/8/2024), kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Komitmen pemenuhan hak anak beserta perlindungan anak itu sendiri diwujudkan dalam pembentukan Forum Anak tingkat Desa/Kelurahan yang memiliki beberapa fungsi, antara lain fasilitasi, pendampingan hingga konseling terhadap berbagai kondisi anak.

Baca juga :  Talkshow Petani Milenial Warnai Koster Pasar Gotong Royong di Tabanan

Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa yang didampingi Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif jajaran Pemerintah Kecamatan Denpasar Timur atas dilaksanakannya gerakan ini. Dirinya menilai, pembentukan Forum Anak selain sebagai wadah pembelajaran berorganisasi bagi anak, juga dapat dimanfaatkan sebagai media perantara anak untuk menyuarakan kondisi dan aspirasi.

“Dengan berbasis literasi untuk perlindungan anak, saya berharap adik adik yang sudah lebih dulu tergabung dalam Forum Anak tingkat kecamatan, dapat menyebarluaskan literasi dan edukasi kepada teman lainnya, terutama dalam hal perlindungan serta pemenuhan hak anak,” ungkapnya.

Baca juga :  Kepala BPHN Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Kepatuhan Hukum dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Bali

Sementara itu, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati pada kesempatan yang sama, menjelaskan, pembentukan ide Forum Anak pada 11 Desa/Kelurahan di wilayahnya, adalah sebuah realiasi dari gerakan perlindungan anak terhadap kekerasan dan juga bullying. Pihaknya sengaja melibatkan para anak-anak yang tergabung lebih dulu di Forum Anak tingkat kecamatan, agar mereka bisa dijadikan contoh bagi anak anak lainnya.

“Kami bergerak terus untuk peningkatan perlindungan anak di wilayah Kecamatan Denpasar Timur. Hal, ini sebagai upaya juga untuk membentuk generasi sehat, baik secara mental maupun fisik,” jelasnya.

Baca juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Paruman Desa Adat Kota Tabanan

Keseriusan pihak Kecamatan Denpasar Timur dalam hal perlindungan anak, lanjut Sri Karyawati juga diwujudkan dalam pembuatan platform KesraDentim, yang dapat dengan mudah diakses di laman Google. Platform tersebut, memuat sejumlah menu, yang berkaitan dengan pendampingan, video edukasi, hingga konseling.

“KesraDentim ini sendiri merupakan bentuk inovasi jajaran pemerintah Kecamatan Denpasar Timur yang sebelumnya telah mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Bali, dan berhasil meraih juara 2. Kami berharap, platform ini nantinya dapat bermanfaat untuk pemenuhan hak dan juga perlindungan anak,” tutupnya. Win/Hd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button