Pendidikan

Lambang Universitas Udayana

BALI, MataDewata.com | Menurut Statuta Universitas Udayana (Unud) Tahun 2017 Pasal 3 menyebutkan:

1. Lambang Unud bernama Widya Cakra Prawartana yang artinya perputaran roda ilmu pengetahuan berdasarkan Pancasila.

2. Lambang sebagaimana dimaksud ayat (1) adalah:
• Berwujud sebuah lingkaran yang mempunyai roda cakra, ditengah terdapat padma (bunga teratai) dengan 8 (delapan) helai daun yang melambangkan delapan penjuru angin, yang melambangkan kesucian Tuhan Yang Maha Esa merupakan sila pertama dari Pancasila.

• Roda cakra mempunyai empat buah jari-jari yang melambangkan kekuatan yang membaja dari empat sila Pancasila.
Bagian luar dari jari-jari lingkaran roda dihiasi dengan 54 (lima puluh empat) titik sebagai ratna permata sesuai dengan rangkaian ilmu pengetahuan yang diberikan Unud.
• Warna lambang Unud adalah kuning keemasan dengan warna dasar biru langit. Warna kuning keemasan melambangkan matahari terbit dan warna biru melambangkan warna langit.

Untuk keseragaman dalam kop surat resmi ukuran logo Unud memakai diameter (3 cm), dan penulisan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ditulis dengan huruf kapital dan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 14 cetak tebal, untuk penulisan alamat, nomor telepon dan email memakai huruf Times New Roman ukuran 12.

Universitas Udayana mempunyai motto: Takitakining Sewaka Guna Widya. Memiliki arti, manusia sebagai penuntut ilmu berkewajiban mengejar pengetahuan dan kebajikan. Visi Universitas Udayana, Terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, mandiri dan berbudaya. (https://matadewata.com/20/01/2023/sejarah-universitas-udayana-sebagai-perguruan-tinggi-tertua-di-bali/). Ud-MD
Sumber: https://www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close