Tulisan “Bekerja Sama” yang Benar

DENPASAR, MataDewata.com | Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dua kata yang berantai pengucapannya “Kerja Sama” memiliki arti sebuah kegiatan atau melakukan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau Lembaga (pemerintah dan lain sebagainya) tentu untuk mencapai tujuan bersama.

Saat mendapatkan pada kata pertama maka menjadi “Bekerja Sama” hal inilah yang kerap kita jumpai penulisannya sering kita temui ada kesalahan. Memiliki kata dasar Kerja dan Sama tentu dua kata ini tidak terikat satu sama lainnya karena bisa berdiri sendiri dan memiliki makna masing-masing.

Baca juga :  OJK Tindak Lanjut Pencabutan Izin Usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha
Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Artinya baik kata Kerja maupun kata Sama dapat digunakan secara mandiri tanpa harus terikat satu-sama lain. Kata kerja sama kemudian diberikan imbuhan berupa awalan ber-. Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (2016) yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gabungan kata yang penulisannya terpisah tetap ditulis terpisah jika mendapat awalan atau akhiran.

Baca juga :  12 Weton Sabdo Dadi “Si Pahit Lidah” Ucapannya Tajam dan Berbahaya Bila Marah

Hal tersebut berarti kata Kerja Sama harus tetap ditulis terpisah jika mendapat imbuhan awal. Maka penulisan yang benar adalah Bekerja Sama, sementara penulisan Bekerjasama adalah salah. Penggunaan dua kata ini dalam pengucapan secara verbal juga akan terlihat saat melafalkan kalimat Berkerja Sama. Pw-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button