Pariwisata

Suwat Waterfall Obyek Wisata Baru di Gianyar Utara

GIANYAR, MataDewata.com | Desa Adat Suwat kini tengah gencar menggeliatkan potensi desa untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata. Salah satunya yang dilakukan krama setempat ialah menata air terjun Suwat (Suwat Waterfall). Warga bahkan telah usai membuat akses jalan setapak menuju air terjun yang berada di samping Pura Dalem Suwat bersama generasi muda desa setempat.

Bendesa Adat Suwat Ngakan Putu Sudibya mengungakapkan, pihak desa adat bersama para pemuda di tiga banjar berkomitmen untuk menggeliatkan pariwisata di Desa Suwat. Upaya awal untuk mengangkat nama desa ini sudah dilakukan dengan menggadakan festival air, yang rutin digelar setiap menyambut tahun baru masehi. “Nah dari festival itu kita ingin menghidupkan pariwisata air di Desa Suwat, kebetulan juga kami punya potensi wisata air terjun ini,” terangnya saat ditemui, Rabu (3/2/2021).

Penataan kawasan yang sudah dilakukan meliputi pelebaran akses jalan menuju air terjun Desa Suwat. Adapun akses jalan yang dibangun kurang lebih sepanjang 500 meter dari lokasi Pura Dalem Suwat. “Akses ini kita tata sedemikian rupa, melewati persawahan dan hutan dengan pohon-pohon besar yang masih alami. Sehingga wisatawan akan menikmati jogging track menuju air terjun Suwat,” jelasnya.

Air terjun dengan tinggi 15 meter itu juga menyajikan prmandangan alam yang eksotik. Terlebih di bawah air terjun terdapat areal pemandian luas. “Kami juga akan menyiapkan pelampung untuk wisatawan, sehingga bisa bebas bermain air di areal yang cukup luas di bawah air terjun ini. Nantinya dengan akan di bukanya air terjun alam menambah obyek wisata yang sudah ada di Gianyar Utara makin bertambah. Kita berharap ada dukungan dari seluruh masyarakat termasuk dari luar Desa Suwat agar bisa membantu dalam mempromosikan wisata air terjun ini ke para wisatawan,” pungkasnya. Ny-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close