Pendidikan

PKM Unwar Kuatkan Produktivitas Kelompok Tani Ternak di Desa Ababi, Karangasem

Bantu Peningkatan Promosi dan Nilai Tambah Produksi

KARANGASEM, MataDewata.com | Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Warmadewa (Unwar) mengadakan pengabdian Masyarakat di Kabupaten Karangasem, Sabtu (17/4/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menyasar Kelompok Tani Ternak (KTT) Merta Buana, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Pada kegiatan tersebut terungkap persoalan yang dihadapi mitra, diantaranya sulit mengembangkan usaha serta kurangnya promosi penjualan produk secara online. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah kecemasan hasil potensi alam yang dimiliki tidak dimanfaatkan guna meningkatkan nilai tambah produksi.

Ik/MD-MM-Unwar//16/2021/f1

Oleh karena itu mitra memberikan kesempatan kepada Tim PKM untuk memberikan penyuluhan tentang pembudidayaan cabe yang baik dan pengolahan cabe menjadi sambel yang berkualitas. Sehingga bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat setempat dan dapat dipasarkan lebih luas.

Baca juga :  Mahasiswa Klinik Hukum Perancangan Kontrak Universitas Udayana Berhasil Mencatatkan 2 Ciptaan Karya Rekaman Video Ke Ditjen Kekayaan Intelektual

Pada kegiatan itu Tim PKM Unwar diketuai oleh Dr. Ida Ayu Surasmi, SE.,MM.,Ak., dengan anggota Dr. Ida Bagus Udayana Putra, SE.,MM., dan Dr. I Made Suniastha Amerta, SS., M.Par. Ditegaskan Ida Ayu Surasmi, kegiatan PKM yang dilaksankan dapat menjadi solusi bagi mitra di desa dalam meningkatkan nilai tambah olahan produk yang dihasilkan.

Baca juga :  Pemelaspasan RTH, Gedung Widya Sabha, Perpustakaan dan Pos Satpam Universitas Udayana
Ik /MD-MKP-MADINA-SB//6/2021/f1

Seperti pembuatan sambel dan produk lain yang dihasilkan seperti Virgin Coconut Oil (VCO) serta saos tomat. Kesempatan ini tentu dijadikan upaya merangkum persoalan yang dihadapi mitra. Menanggapi itu semua tim bersama Dosen Pertanian Unwar yakni Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si., dan Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si., membagikan ilmu yang sangat berarti berkaitan tentang pembudidayaan cabe serta pengolahan cabe.

“Menjadi sambel yang menekankan pada kualitas seperti hygenis produk,” ujar Yohanes yang dibenarkan Luh Suriati. Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan narasumber lain yakni Dr. Komang Agus Rudi Indra Laksmana, SE.,MM., untuk turut serta membagikan ilmu berkaitan tentang pemahaman laporan keuangan bagi mitra.

Ik/MD-WP-DJP//11/2021/fm

Banyak masukan berarti yang diperoleh terutama agar produk dikemas lebih kecil namun tetap menjaga hygenis produk, sehingga bisa dijual dipasaran dengan lebih cepat. Tim pengabdian dan kelompok mitra terlihat begitu antusias dalam kegiatan PKM tersebut. Karena dengan adanya kegiatan ini tambahan pengetahuan banyak diperoleh dan persoalan yang dihadapi dapat terpecahkan. Hw-MD

Baca juga :  PKM Unwar Tingkatkan Mutu SDM Bumdes Saka Mandiri Sanur Kaja

Berita Terkait

Back to top button
Close