Pendidikan

Pemprov Bali Konsen Majukan Kembali Sektor Pertanian, Wagub Cok Ace Ajak Ubah Stigma Negatif “Bertani”

DENPASAR, MataDewata.com | Pangan adalah potensi strategis yang harus menjadi perhatian bersama. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali, Prof Dr Ir Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, MSi., (Cok Ace) saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, Gedung Pasca Sarjana kampus setempat, Jumat, Sukra Pon Dukut (14/10/2022).

“Tidak hanya masyarakat kampus, namun perhatian mengenai pertanian dan ketahanan pangan ini juga harus diupayakan oleh semua pihak termasuk pemerintah,” ungkapnya.

Ik-MD-GBD-BPD Bali/12/2022/fm

Dengan jumlah lahan pertanian di Bali yang sangat terbatas terlebih lagi dengan adanya alih fungsi lahan yang tinggi mencapai lebih dari 1000 ha/tahun menurut Cok Ace hal ini akan menimbulkan beberapa potensi permasalahan antara lain; pertama keterbatasan lahan, kedua peningkatan jumlah penduduk yang dapat menyebabkan keterbatasan pangan dan yang ketiga adalah kecilnya minat generasi muda pada sektor pertanian.

Baca juga :  Bunda Literasi Denpasar Resmikan Perpustakaan Digital SD Saraswati 2 Denpasar

“Walaupun Bali saat ini masih surplus pangan namun dengan adanya kebijakan pemerintah untuk terus menggenjot jumlah wisatawan ke Bali, hal ini perlu menjadi perhatian karena tentunya kebutuhan pangan pun akan bertambah,” ungkapnya.

Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa terdapat stigma-stigma negatif yang masih sangat melekat di masyarakat terkait sektor pertanian yaitu stigma di masyarakat yang berpandangan bahwa profesi pertanian itu identik dengan pekerjaan kotor dan berlumpur di samping juga pertanian masih diidentikkan sebagai simbol keterbelakangan karena dianggap sebagai pekerjaan kasar yang tidak memerlukan pendidikan dan keterampilan.

Stigma-stigma tersebut harus diubah. “Ubah Stigma negatif tersebut melalui penerapan teknologi pertanian sehingga bertani akan dianggap keren oleh generasi muda,” ujar Wagub Cok Ace yang juga merupakan Guru Besar di ISI Denpasar tersebut.

Baca juga :  STIKI Indonesia Menangkan Hibah Bantuan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Lanjut menyampaikan Pemerintah Provinsi Bali sangat konsen mengenai permasalahan ketahanan dan kemandirian pangan khususnya di daerah Bali. Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov Bali antara lain penyeimbangan supply dan demand, mengupayakan pengendalian alih fungsi lahan pertanian, penggalian sumber pangan alternatif sesuai potensi wilayah, melakukan promosi penggunaan produk hasil pertanian lokal, penggunaan produk pertanian lokal Bali untuk industri perhotelan dan restoran serta pengembangan sistem pertanian organik.

Baca juga :  Wagub Cok Ace Paparkan Tiga Sektor Penopang Perekonomian Bali
Ik-MD-KUR-BPD-Bali//2/2022/fm

Disamping itu Wagub Cok Ace berpesan kepada peserta seminar dan seluruh perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi di Bali yang memiliki bidang ilmu pertanian atau pangan untuk melakukan upaya-upaya penyiapan sumber daya manusia pertanian dan pangan yang berkualitas dengan basis keahlian dan pemanfaatan teknologi inovasi untuk mewujudkan upaya ketahanan pangan di Bali.

Seminar Nasional yang mengusung tema ‘Inovasi Teknologi Pertanian dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Nasional yang Berkelanjutan di Era Society 5.0’ tersebut juga dimeriahkan dengan pameran produk inovasi yang dibuka oleh Wakil Gubernur Bali didampingi oleh Rektor Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Gde Antara dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. I Made Anom Sutrisna Wijaya. Hp-MD

Berita Terkait

Back to top button
Close