Daerah

Pemkot Apresiasi Program HIPMI, Dukung Geliat Wirausaha Muda

DENPASAR, MataDewata.com | Pelaksanaan Pengukuhan Antar Waktu Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Denpasar berlangsung, Minggu (11/2/2024) di Aula Melati, Gedung BKSDM Provinsi Bali. Agenda pengukuhan yang juga dirangkaikan dengan Pelantikan HIPMI Perguruan Tinggi (PT) dihadiri Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar.

Tampak hadir pula dalam kesempatan ini, Walikota Denpasar Periode 2008-2021, IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Ketua Umum BPC HIPMI Denpasar, Dr. I Putu Wirama beserta anggota HIPMI lainya. Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Alit Wiradana, memberikan apresiasi kepengurusan HIPMI Kota Denpasar yang berperan penting dalam mengembangkan kewirausahaan.

“HIPMI Denpasar telah berperan dalam membantu dan mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga membangun jaring bisnis yang luas dan memfasilitasi pertemuan antara anggota dengan pelaku bisnis lainnya, investor, atau pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Siap Kolaborasi dan Dukung Program WHDI

Lebih lanjut disampaikan, Pemkot Denpasar sangat mendukung pengusaha muda di Kota Denpasar untuk dapat terus menggeliat dan mempromosikan potensi yang ada. Untuk mendukung dan memfasilitasi hal tersebut, Pemkot Denpasar telah menyediakan sistem pendaftaran ijin online dalam Oss (Online Single Submission) yang memberikan kemudahan pengusaha muda dalam pengurusan ijin. “Kami harapkan program ini dapat memberikan percepatan pelayanan kepada pengusaha muda dalam memberikan geliat dan membuka peluang usaha baru di Kota Denpasar,” harapnya.

Disampaikan pula, di tahun 2023 angka pengangguran terbuka Kota Denpasar berhasil turun hingga mencapai angka 2.85, sekaligus lebih rendah dari tingkat pengangguran terbuka nasional yaitu 5.32. Capaian tersebut tentu saja merupakan buah dari beragam upaya yang telah dilakukan, serta dukungan dari semua pihak, tidak terkecuali dari rekan-rekan HIPMI Denpasar yang merupakan rumah dari para entrepreneur muda, dengan semangat membara dan ide-ide baru serta penuh inovasi dan aktif mengubah berbagai tantangan yang ada menjadi peluang–peluang baru.

Sehingga, dari Pelaksanaan Pengukuhan Antar Waktu HIPMI Kota Denpasar dan Pelantikan HIPMI PT sebagai regenerasi dalam sebuah organisasi. “Senantiasa aktif melakukan kaderisasi, memberikan edukasi, bimbingan, coaching kepada bibit-bibit entrepreneur di Kota Denpasar. Sehingga, dapat merangsang kemunculan pengusaha-pengusaha baru, serta meramaikan kolaborasi lintas sektor yang dapat mendukung akselerasi pembangunan baik dari sektor kuliner, fashion, teknologi dan bidang ekonomi kreatif lainnya yang berdampak positif bagi pembangunan perekonomian di Kota Denpasar,” ujarnya.

Baca juga :  Gubernur Wayan Koster Tetapkan Bentuk Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Kawasan Pusat Kebudayaan Bali
MD-Ik-BPD Bali/1/2024/fm

Sementara Ketua Umum BPC Hipmi Denpasar, Dr. I Putu Wirama mengatakan, setelah berjalan 1,5 tahun kepengurusan, dan saat ini telah dilaksanakan Pengukuhan Antar Waktu Pengurus dan Anggota HIPMI Denpasar. “Dari pengukuhan ini dapat dukungan kepengurusan yang fresh, serta harapan program kerja Sadguna Bisa lebih banyak dilaksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, kontribusi terhadap HIPMI PT juga tetap menjadi prioritas program kerja Sadguna. Hal ini menjadi target menciptakan wirausaha, serta harapan para mahasiswa dapat naik kelas menjadi Anggota HIPMI. Di samping itu salah satu Program yang kami bentuk adalah Koperasi Primer Dana Karya Sadguna pada tanggal 11 November Tahun 2022 yang merupakan Badan Usaha Milik Hipmi Denpasar, Koperasi Hipmi Denpasar yang mulai beroperasi Januari 2023.

Baca juga :  Wali Kota Jaya Negara dan Kejari Denpasar Tandatangani Nota Kesepakatan

“Harapan dari Pelantikan 4 HIPMI PT dari 14 HIPMI PT di Kota Denpasar dapat memantik para mahasiswa menjadi pengusaha, yang dibantu support, inkubasi, dan berbagai hal terkait dunia bisnis dan usaha. Hal ini juga menjadi dorongan Walikota Jaya Negara untuk dapat mencapai jumlah pengusaha 5 persen di Kota Denpasar,” ujarnya. Ays/Hd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close