Aksara Bali Mulai Dikenal di Kancah Dunia

DENPASAR, MataDewata.com | Usaha Gubernur, Bali Wayan Koster dalam melestarikan seni dan budaya Bali mulai diakui dan dikenal dikancah dunia. Melalui diterbikan Peraturan Gubernur Bali No: 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

“Ini merupakan komitmen kita untuk melestarikan budaya Bali serta warisan leluhur yang adiluhung,” jelasnya saat penyerahan hadiah Lomba Desain Website Aksara Bali, di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Denpasar Sabtu (9/1/2021).

Ip/MD-KA//9/2021/f1

Disampaikan hal membanggakan juga terjadi ketika aksara Bali menjadi salah satu aksara di Indonesia yang didaftarkan dalam domain internet. Didaftarkannya Aksara Bali menjadi domain internet, maka menegaskan posisi aksara Bali di kancah internasional. “Ini bisa disamakan juga dengan aksara Jepang, China atau Korea. Kita akan semakin dikenal di dunia,” tegas Gubernur yang juga menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Provimsi Bali itu.

Ibp/MD-Prokes-PR//8/2021/f1

Keseriusan tersebut ditandai dengan peresmian penggunaan aksara Bali di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 5 Oktober 2018. Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan aksara Bali di papan nama instansi baik pemerintah, BUMN maupun swasta.

Menurutnya, penggunaan aksara Bali ada aturannya sendiri dan sudah dijabarkan dalam Pergub No: 80 Tahun 2018. “Aksara Bali harus diletakkan di atas aksara latin. Hal itu bertujuan untuk menghormati warisan leluhur kita, menyatakan rasa bangga kita kepada kearifan lokal Bali asli,” tegasnya seraya menegaskan melakui Pergub tersebut semakin memudahkan mendaftarkan aksara Bali ke pengelola domain internasional ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Rls-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button