Insan Pers dan Mahasiswa Terdepan Perangi Covid-19

Perkokoh Empat Pilar Kebangsaan di Masyarakat

DENPASAR, MataDewata.com | Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah mengajak insan pers mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19. Seruan tersebut disampaikan ketika menjadi pembicara kunci membuka seminar kolaborasi MPR-RI dengan PWI Bali dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan, yang dilaksanakan secara hybrid dari Gedung PWI Bali, Jumat (27/8/2021).

Ik/MD-ITB-SB//2/2021/fm

Seminar mengangkat tema “Peran Pers Menggelorakan Empat Pilar Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19” menghadirkan tiga narasumber, yakni Anggota DPR RI, IGA Rai Wirajaya, Ketua PWI Bali, I GMB Dwikora Putra dan Pengamat Politik dari Undiknas Denpasar, Nyoman Subanda.

Baca juga :  Kasus Terkonfirmasi Naik Tiga Digit, Masyarakat Bali Diingatkan Pentingnya Prokes
Ik/MD-Arisanku-BPR-Bali//16/2021/1bln

Ahmad Basarah mengibaratkan Covid-19 sebagai tentara musuh yang tidak peduli lawan. Terlebih virus mampu berkembang menjadi varian baru (delta). “Kita berperang melawan musuh yang tidak mengenal aturan perang,” katanya pada seminar virtual yang diikuti 200 peserta dari kalangan pers dan mahasiswa (pers kampus) itu.

Terkait sosialisasi empat pilar kebangsaan, ia menyatakan pers menjadi ujung tombak penggerak informasi sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu secara struktural membangun sikap dan mental masyarakat.

Baca juga :  PT Jimbaran Hijau Melalui SMSI Bali Bagikan Bantuan Beras di Tengah Pandemi
Ik/MD-WP-DJP//11/2021/fm

Selanjutnya, Rai Wijaya mengatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan harus terus didengungkan. Memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. “Jangan sampai lupa dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara. Kita harus jaga dan dengungkan Pancasila adalah harga mati,” katanya.

IGMB Dwikora Putra menyatakan empat pilar kebangsaan sebagai hal vinal yang harus terus didengungkan. Ditegaskannya, di tengah situasi saat ini penting bagi insan pers menyampaikan informasi yang benar untuk mengedukasi masyarakat tentang upaya bersama memutus rantai pandemi Covid-19. “Pers harus memberikan informasi yang benar dan juga berfungsi menimbulkan optimisme,” tegasnya.

Baca juga :  DPR RI Tinjau Kesiapan Pelabuhan Benoa Jelang Nataru

Selanjutnya Nyoman Subanda, mengajak seluruh elemen bangsa secara bersama-sama membantu pemerintah mendukung berbagai upaya untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya Covid-19. Penting juga bagi wartawan dan mahasiswa terdepan untuk menangkal berita hoax, membangun civil society, membangun toleransi dan menginspirasi. Dp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button