Internasional

Didampingi Gubernur Wayan Koster, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Media se-Asia Pasifik Perkuat Demokrasi

Buka Asia Media Summit 2023

BADUNG, MataDewata.com | Pelaksanaan Asia Media Summit (AMS) 2023 adalah kesempatan yang berharga untuk menghadapi tantangan media penyiaran, berdiskusi bersama dan bekerja sama dalam pemulihan pasca pandemi serta memperkuat ketahanan industri.

Tahun ini, Bali menjadi tuan rumah KTT Media se-Asia Pasifik ke-18 tahun 2023 (18th Asia Media Summit 2023) yang dibuka secara resmi Wakil Presiden RI, KH. Mar’uf Amin didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster di Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua ITDC, Badung, Bali, Selasa, Anggara Wage Sinta (23/5/2023) dan akan berlangsung dari tanggal 22-25 Mei 2023 mendatang.

Baca juga :  Pengamat Maritim: Menanti Ketegasan Pemerintah Perjuangkan Nasib Tujuh Buruh Hilang di Mauritius

AMS merupakan acara tahunan bagi anggota Asia-Pacific Institute Broadcasting Development (AIBD) untuk berbagi pemikiran tentang penyiaran dan informasi. Lebih dari 300 peserta yang terdiri dari pembuat keputusan, profesional media, cendekiawan serta pemangku kepentingan berita dan program dari Asia Pasifik, Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara hadir dalam konferensi.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa langkah strategis untuk para pelaku industri media. Semua pihak diharapkan harus bergerak melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cenderung berubah cepat. Media juga diarhakan memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi dalam pendidikan publik.

Baca juga :  Gubernur Wayan Koster Siapkan Pembukaan World Water Forum di Bali pada Rahina Tumpek Uye

Wapres Ma’ruf Amin menegaskan media harus memperkuat peran dalam isu-isu strategis, seperti; penguatan demokrasi, pemulihan ekonomi yang inklusif, literasi publik atas komitmen pencapaian taget-target pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, ekonomi hijau dan perdamaian global. Sebab, untuk menginternalisasi isu-isu tersebut di masyarakat, diperlukan penyebaran informasi yang akurat dari media.

Lanjut berpesan dan mengajak seluruh pelaku industri media yang hadir, untuk dapat memanfaatkan forum sebaik-baiknya sebagai sarana diskusi. Sehingga menghasilkan formulasi dalam mengoptimalkan peran media untuk turut berpartisipasi di garda terdepan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan global. Ct-MD

Baca juga :  Pengamat Maritim Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa Menentang Rencana Jepang Membuang Limbah Radioaktif Nuklir ke Laut

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close