Mau Unggul Bahasa Jepang? SMA Harapan Nusantara Jawabannya

DENPASAR, MataDewata.com | Sekolah Menengah Atas (SMA) Harapan Nusantara Denpasar adalah salah satu sekolah swasta dengan keunggulan Bahasa Jepang yang jadi keunggulan tersendiri bagi sekolah yang juga kerab disebut SMA HN itu. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 sedang berlangsung, para orang tua siswa ingin anaknya melanjutkan pendidikannya di sekolah yang diimpikan.

Secara umum sekolah Negeri selalu menjadi pilihan favorit para orang tua yang ingin anaknya mendapatkan kesempatan bersekolah di sekolah Negeri. Hal ini, didasari dengan biaya pendidikan yang terhitung murah dan memiliki keunggulan. Namun, siapa sangka SMA HN School yang merupakan sekolah swasta memiliki keunggulan tersendiri dan biaya pendidikan yang cukup terjangkau.

Diketahui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Harapan Nusantara Denpasar sudah berlangsung sejak bulan Februari. Pihak sekolah juga telah melakukan sosialisasi di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan berjalan dengan lancar.

Baca juga :  Tulisan “Bekerja Sama” yang Benar

Hal ini, disampaikan secara langsung oleh Kepala SMA Harapan Nusantara Denpasar, Ida Ayu Dema Jayanthi, S.Pd.,M.Pd., saat ditemui oleh Team MataDewata.com di Sekolahnya, Senin (8/7/2024).

“Untuk persiapan ini kita sudah ready dari bulan Februari sampai Juli sudah sangat mantap dari guru OSIS itu turun langsung ke lapangan untuk sosialisasi, baik di SMP dari Denpasar Utara sampai Denpasar Bara. Disana tidak ada terkendala sedikitpun semua berjalan lancar hingga saat ini di bulan Juli kita menunggu siswa baru,” jelas Dayu Dema.

Lanjut Dayu Dema menambahkan bahwa Pendaftaran masih dibuka hingga masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Pihaknya menargetkan 50 peserta didik baru, meskipun demikian, jika tidak mencapai target tersebut sekolah tetap berjalan seperti biasa.

“MPLS akan diadakan di tanggal 15, Astungkare sampai sekarang kita sudah memegang siswa ada 20 orang ditunggu sampai MPLS dilaksanakan. Rencananya target siswa, ingin ada 2 kelas, 1 kelas itu 25 orang seandainya hanya bisa satu kelas, astungkare kita tetap jalan,” tambahnya.

Baca juga :  Universitas Udayana Kembali Sosiaslisasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Lebih lanjut, pihaknya menerangkan bahwa SMA Harapan Nusantara (HN School) Denpasar memiliki keunggulan tersendiri dan akan menambahkan beberapa muatan lokal budaya Bali yang bisa diajarkan untuk anak-anak.

“Kalau di SMA Harapan Nusantara ini ada keunggulannya berupa bahasa Jepang ya, mungkin ada beberapa sekolah memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. Kalau di SMAHARA sendiri ada bahasa Jepang, dan kita nanti untuk tahun ini ada Mapel tambahan, kita ada kearifan lokal yang mana siswa-siswanya akan diajarkan baik itu yang Hindu dan non Hindu kita akan ajar Tabuh, Gender, Nari, Melukis dan Ngukir itu kita akan ajarkan disini semuanya,” terangnya.

Selain, keunggulan di bidang pengetahuan dan keterampilan, para peserta didik juga tidak selalu dituntut untuk belajar penuh dalam ruangan. Melainkan mereka diberikan akses pembelajaran diluar ruangan atau diluar sekolah.

Baca juga :  Rektor UNR: Dipilih Sebagai Lokasi KTT G20, Bukti Bali Masih "Window of The World"

“Keunggulan lainnya di sini tidak 100% untuk belajar, yang mana belajar itu bisa di dua tempat baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kalau belajar hanya di sekolah pasti akan membosankan, diluar sekolah kita bisa belajar baik belajar toleransi, ekonomi, Agama itu kami ajarkan disini. Tidak hanya dalam teori tetapi dengan praktek juga dilakukan,” tuturnya.

Terakhir dirinya mengungkapkan biaya pendaftaran bagi Peserta Didik Baru di SMA Harapan Nusantara Denpasar dikenakan biaya sebesar Rp 3.350.000. Namun, terdapat potongan bagi siswa berprestasi.

“Peserta Didik Baru akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000; biaya awal sebesar Rp 1.500.000; biaya seragam sebesar Rp 1.500.000; biaya Pra PBM sebesar Rp 300.000; tapi kalau siswa berprestasi ada potongannya juga,” ungkapnya lebih lanjut. On-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button