Komitmen Kemenkumham Bali Pulihkan WBP dari Kecanduan Obat Terlarang

Buka Program Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan di Lapas Tabanan

TABANAN, MataDewata.com | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali buka kegiatan Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Candra Prabhawa, Jumat (3/5/2024). Program Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan Tahun 2024 di Lapas Tabanan ini diikuti 30 orang.

Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Bali, Putu Murdiana.

Turut hadir pada kegiatan ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wilayah Kerja Kabupaten Tabanan, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Badung serta Ketua Yayasan Bali Samsara (YBS).

Kadivpas dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis yang mendapatkan tanggungjawab untuk melaksanakan Program Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan berharap Lapas Tabanan mampu untuk memenuhi ekspektasi dan program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya meskipun Lapas Tabanan merupakan Lapas umum bukan Lapas Khusus Narkotika.

Baca juga :  Semangat “Vasudhaiva Kutumbakam” Wujudkan Denpasar Maju
www.pajak.go.id

“Tentunya pelaksanaan program rehabilitasi ini bukan hal yang asing karena Lapas Tabanan sudah melaksanakannya dari tahun ke tahun. Saya berharap tahun ini program juga dapat dilaksanakan dengan baik dan membantu teman-teman WBP pulih dari kecanduan mereka,” harap Putu.

Sejalan dengan yang disampaikan Kadiv Pas, Kepala Lapas Tabanan, Muhamad Kameily berharap program rehabilitasi ini dapat berjalan sesuai harapan dan tentunya dapat membawa perubahan bagi Warga Binaan penyalahguna obat-obatan terlarang.

“Saya berharap program rehab ini dapat membantu teman-teman WBP pulih dari kecanduan obat-obatan terlarang. Selain itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada stakeholder eksternal yaitu Forkopimda Tabanan, BNNK Badung serta YBS yang sudah banyak terlibat pada program ini,” ucapnya.

Baca juga :  Masyarakat Bali Diimbau Antisipasi Cuaca Ekstrim di Malam Tahun Baru

Salah seorang peserta rehab, Muhamad Agung mengaku sangat antusias dalam mengikuti program rehabilitasi ini. Dia berharap dengan mengikuti program dapat membantunya terbebas dari jeratan narkoba. “Saya berjanji akan mengikuti kegiatan rehab ini dengan sungguh-sungguh. Saya menyesal karena gaya hidup dan juga gejolak masa muda saya terjerembab dalam obat-obatan terlarang. Saya ingin berubah dan pulih dari kecanduan sehingga saya menjadi orang yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Baca juga :  Kapolri Kukuhkan BANKAMDA dan Resmikan Forum SIPANDUBERADAT

Ditemui di lokasi yang berbeda Kakanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu menyampaikan bahwa Kegiatan Rehabilitasi Sosial Pemasyarakatan ini merupakan salah satu komitmen jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali dalam upaya untuk membantu WBP pulih dari kecanduan narkoba dan kembali ke kehidupan yang lebih baik.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi WBP, sehingga mereka dapat kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif dan taat hukum,” ucap Pramella

Pramella juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini, diantaranya Forkopimda Kabupaten Tabanan, BNNK Badung dan Yayasan Bali Samsara (YBS). “Kerja sama dan sinergi dari semua pihak sangatlah penting untuk keberhasilan program ini,” tutupnya. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button