BI Kuatkan Kapasiatas UMKM Bali Melalui Bali Jagadhita 2023

DENPASAR, MataDewata.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpW BI) Provinsi Bali bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan Bali Jagadhita Culture Week (BJCW) IV pada 15-17 September 2023 di Living World Denpasar. BJCW merupakan flagship event tahunan yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM Bali dan Nusa Tenggara.

KpW BI Provinsi Bali, R. Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa BJCW bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM, meningkatkan kapasitas UMKM dalam memanfaatkan potensi pasar domestik maupun ekspor. Mendorong transformasi digital, memperluas akses UMKM ke pasar domestik dan global serta memfasilitasi business matching pembiayaan Kredit Usaha Rakyat kepada UMKM. “BJCW sekaligus menjadi bagian dalam mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI),” ujarnya.

Baca juga :  Gubernur Wayan Koster Diapresiasi Deputi Gubernur Bank Indonesia

Lebih lanjut, Erwin menyebut bahwa BJCW menyisipkan semangat UMKM di bidang green economy. Hal tersebut selaras dengan tema BJCW IV yang mendukung keberlanjutan alam lestari. Tema ini diwujudnyatakan pada fesyen, makanan dan produk daur ulang. Pelaksanaan BJCW IV didukung oleh 69 UMKM, terutama UMKM yang sudah mendukung green economy.

Pada acara tersebut juga terdapat festival kopi Bali dan Nusa Tenggara sebagai bentuk dukungan GBWI. Di samping itu, juga terdapat penandatanganan nota kesepahaman antara PHRI dengan 4 Desa Wisata sebagai dukungan untuk kemajuan desa wisata sekaligus mendukung kegiatan berwisata di Bali. Pelepasan ekspor UMKM binaan Bank Indonesia di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur juga diresmikan pada kegiatan tersebut.

Baca juga :  Relawan Pajak Bali Siap Bantu Asistensi Wajib Pajak dalam Melaporkan SPT Tahunan dan Pemadanan NIK-NPWP

Rangkaian kegiatan BJCW tahun 2023 terdiri atas pameran UMKM, talks how pariwisata, berbagai perlombaan, fesyen show dan parade. Festival Kopi Balinusra juga hadir berupa latte art workshop, talks how kopi dan business matching. Pelaksanaan BJCW IV juga menghadirkan operasi pasar yang bekerja sama dengan Paiketan Perumda Pangan Bali sebagai langkah nyata dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. BI-MD

Baca juga :  OJK Dorong Sinergi Program Kerja TPAKD dan PUJK untuk Tingkatkan Inklusi Keuangan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button