Agama

Wali Kota Jaya Negara Bersama Jajaran Hadiri Puncak Karya Pediksan di Griya Gede Bajing Kesiman

Sang Sulinggih Bergelar Ida Pedanda Gede Oka Bajing dan Ida Pedanda Istri Made Bajing

DENPASAR, MataDewata.com | Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri Puncak Karya Madiksa atau Medwijati Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati di Griya Gede Bajing Kesiman, Denpasar, Buda Umanis Kulantir, Rabu (10/1/2024).

Hadir bersama Wali Kota Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Panglingsir Puri se-Kota Denpasar, Perwakilan Dharmapodesa Pusat serta undangan lainya.

Ik-MD-Pb-BPD Bali/15/2023/fm

Diiringi dengan suara gambelan dan kekidungan, rangkaian Puncak Karya Pediksan berlangsung khidmat. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan surat keputusan dan penyematan Pin Sulinggih oleh Perwakilan Dharmapodesa Pusat.

Baca juga :  Pelebon Ida Pandita Mpu Rekadnyana Siddantha

Welaka Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka Ida Pedanda Gede Oka Bajing dan Ida Pedanda Istri Made Bajing.

Prawartaka Karya, Ida Bagus Oka Sistagama mengatakan, rangkaian karya mediksa sudah dilaksanakan sejak tanggal 22 November dengan nuntun putra dan memeras, tanggal 10 Desember dengan paguneman Guru Nabe, Guru Waktra dan Guru Saksi. Dilanjutkan dengan Upacara Diksa Pariksa pada tanggal 28 Desember lalu.

Dikatakan Sistagama, Puncak Karya diawali dengan Pemendak Guru Nabe serta Penglingsir Puri Kesiman. Selanjutnya rangkaian dimulai dengan Metangi, Masiram dan Mebusana yang dilanjutkan dengan Upacara Padiksan. Rangkaian puncak karya diakhiri dengan Paungu Atur saking Dharmapodesa Pusat berkenaan dengan abhiseka sang diksita.

Baca juga :  Pendidikan dan Reformasi Birokrasi Prioritas Pembangunan Tahun 2025 di Denpasar

“Astungkara Karya Padiksan ring Griya Gede Bajing sudah berjalan lancar, welaka Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka Ida Pedanda Gede Oka Bajing dan Ida Pedanda Istri Made Bajing sesuai panugrahan guru nabe, Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Gde Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan Klungkung dan merupakan nanak ke 19 beliau,” ujarnya. Eka/Hd-MD

Baca juga :  Puncak Karya Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close