Pendidikan

Sambut Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana Kuatkan Pasokan Darah untuk Wilayah Bali

Mahasiswa hingga Tukang Ojek Online Juga Ikut Donor

DENPASAR, MataDewata.com | Aksi Kemanusiaan Donor Darah menjadi rangkaian pelaksanaan Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana (Unud) yang dilaksanakan di Kampus Sudirman, Jumat (8/9/2023). Kegiatan kolaborasi bersama Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali ini menargetkan 400 kantong darah yang nantinya akan disebar ke seluruh Bali sesuai kebutuhan di masyarakat/rumah sakit.

Ketua Panitia Donor Darah, Dr. Ir. Gede Suarta, M.Si., mengatakan aksis sosial donor darah diikuti seluruh civitas akademika Universitas Udayana hingga masyarakat umum. Tujuh (7) Unit Donor Darah (UDD) terlibat yakni dari Kabupaten Tabanan, Badung, Gianyar, Karangasem, Kota Denpasar dan dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah.

“Sekarang, bulan-bulan ini merupakan bulan paceklik darah tapi kita berusaha mengumpulkan darah sebanyak-banyaknya yang akan kita sebar ke Kabupaten/Kota yang ada di Bali. Target 400 kantong darah mudah-mudahan tercapai. Sebelumnya peserta donor yang mendaftar sudah 400, semoga yang mendaftar lolos cek kesehatannya,” harapnya dalam kegiatan yang juga diikuti Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU.

Baca juga :  Mahasiswa Klinik Hukum Perancangan Kontrak Universitas Udayana Berhasil Mencatatkan 2 Ciptaan Karya Rekaman Video Ke Ditjen Kekayaan Intelektual

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua Panitia Dies Natalis ke-61 Unud, Dr. I Ketut Adi Atmika, ST.,MT., menyampaikan kegiatan donor darah merupakan rangkaian berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus lalu. Pada saat bersamaan juga sedang berlangsung kegiatan pengabdian kepada Masyarakat Unud di Desa Penarungan, Mengwi, Kabupaten Badung yang dihadiri langsung Ketua Panitia Dies, I Gede Pasek Pramana, SH.,MH.

Baca juga :  Unud Laksanakan Wawancara dan Verifikasi Calon Mahasiswa Peserta Penelusuran Jalur Mandiri Prestasi

“Kegiatan Dies Natalis itu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, ada kegiatan pendidikan, penelitian ada kegiatan pengabdian Masyarakat. Jadi kegiatan ini tujuannya mendekatkan Universitas Udayana dengan Masyarakat,” terangnya lanjut menyampaikan puncak acara akan digelar tanggal 29 September 2023, diawali acara akademik serta diisi orasi ilmiah dari Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H.,S.U.,M.I.P., yang akrab dikenal Mahfud MD itu.

Salah satu peserta donor, Cintya mahasiswa dari Fakultas Pertanian Unud semester 7 menyampaikan kali pertama pengalamannya. Ia berharap ke depan kampus yang menjadi almamaternya kebanggaannya ini semakin dekat pada Masyarakat dan menjadi kampus terbaik di Pulau Dewata. “Semoga Universitas Udayana lebih jaya lagi, sudah itu banyak prestasinya,” harapnya dalam kegiatan yang juga diikuti salah satu sopir ojek online yang kerap mengantarkan mahasiswa yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman Denpasar itu.

Baca juga :  Program Studi Magister Ilmu Peternakan Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum

Menariknya kegiatan kemanusiaan donor darah ini bagi peserta sebelum melakukan donor tidak hanya mendapatkan layanan cek kesehatan biasa namun juga bisa melakukan cek gula darah secara gratis. Usia donor peserta juga mendapatkan apresiasi dari Panitia Dies Natalis ke-61 Unud berkolaborasi dengan beberapa sponsor berupa pemberian sembako berupa telor, berat serta vitamin dan kacang ijo. Bagi mahasiswa juga disiapkan piagam penghargaan yang bisa digunakan untuk memenuhi Sistem kredit Prestasi (SKP). MD-9

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close