Pastikan Pasokan dan Harga Terjangkau, TPID Kabupaten Badung Gelar Operasi Pasar Murah Jelang HBKN

BADUNG, MataDewata.com | Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Badung kembali menyelenggarakan operasi pasar murah, untuk menjaga dan memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga,” Rabu (6/3/2024). Kolaborasi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bekerja sama dengan Perum Bulog Divisi Regional Bali, Perumda Pasar dan Pangan Mangu Giri Sedana dan UMKM Kabupaten Badung.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung, I Made Widiana, mengatakan operasi pasar murah ini digelar menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Kali ini berkenaan dengan hari raya Galungan, Kuningan, Nyepi, Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Mengalokasikan anggaran APBD maupun secara mandiri dengan melibatkan Bulog Bali dan Perumda Pasar dan Pangan MGS.

Baca juga :  Petenis Pemkab Badung Siap Tarung di "Turnamen Tenis Bali Bangkit 2024"

 

Pada momen HBKN tahun biasanya identik dengan meningkatnya kebutuhan Masyarakat utamanya pada periode bulan Maret-April 2024. Diperkirakan terjadi potensi peningkatan harga, terutama harga pangan. Hal itu diperkirakan karena adanya peningkatan terhadap permintaan masyarakat, serta adanya dampak EL Nino yang masih berlangsung.

Operasi pasar murah menjaga stabilitas harga sesuai dengan HET dan menyediakan kebutuhan pokok ini tentu sangat dibuuhkan dan diharapkan Masyarakat. Seperti beras SPHP yang disediakan Bulog dengan harga Rp 10.900/Kg atau Rp 52.500/5 Kg. Made Widiana juga menyampaikan terkait realisasi inflasi pada periode HBKN beberapa tahun terakhir secara umum telah terkendali dengan baik “Kita harapkan dapat diwujudkan kembali di tahun ini,” ujarnya.

Baca juga :  Dinsos Badung Berikan Pelatihan Tata Rias bagi Perempuan Rawan Sosial Ekonomi

 

Menjaga laju inflasi selama periode Kuningan, Nyepi serta Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ditegaskannya diperlukan upaya pengendalian inflasi. Diantaranya dengan menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif. Kegiatan operasi pasar murah kali ini digelar selama dua hari. Tanggal 5 Maret 2024 dilaksanakan di Lapangan Parkir Pura Sada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi. Kegiatan di hari pertama selain dihadiri langsung Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan juga turut hadir mendampingi Lurah Kapal dan anggota TPID Kabupaten Badung.

Baca juga :  Buka Pasar Senggol Beringkit, Dirut Sukantra: Tiga Bulan Pedagang Tidak Dikenakan Biaya

Pada tanggal 6 Maret 2024 dilaksanakan di Jaba Pura Desa, Desa Mekar Buana, Kecamatan Abiansemal. Dihadiri Kapolres Badung, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan serta anggota TPID Kabupaten Badung. Pada kesempatan tersebut Kapolres Badung memberikan apresiasi atas pelaksanaan pasar murah yang diselenggarakan oleh TPID Badung.

Untuk meringankan beban warga Kapolres Badung menyerahkan bantuan beras gratis kepada warga (beras premium 5 Kg) sebanyak 10 sak. Selain beras, pasar murah juga menawarkan barang kebutuhan pokok lainnya, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, aneka bumbu (cabai, bawang merah, bawang putih), telur dan daging ayam ras, aneka sayuran hingga buah-buahan. Db-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button