Pertumbuhan Ekonomi Bali Tahun 2022 Akan Terus Membaik

MATARAM, MataDewata.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali optimis pertumbuhan ekonomi Bali di tahun 2022 akan terus membaik. “Hal ini sejalan dengan pemulihan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara di tengah momentum pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19,” ujar Kepala KPwBI Provinsi Bali, Trisno Nugroho di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (30/9/2022).

Ik-MD-BPD Bali//26/2022/fm

Lanjut menyampaikan prediksi pertumbuhan ekonomi di Bali untuk keseluruhan tahun 2022 akan berada pada rentang 3,8 – 4,6 persen (yoy). Dimana pada triwulan II-2022, pertumbuhan ekonomi Bali sebesar 3,04 persen (yoy), meningkat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 1,46 persen (yoy). Pertumbuhan ditopang sektor transportasi, akomodasi makan dan minum serta konstruksi seiring dengan membaiknya kinerja pariwisata.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Dorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Pemberdayaan UMKK melalui Katalog Elektronik
Ik-MD-ITB-SB//14/2022/fm

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali hingga akhir 2022 diprediksi hingga 1,3 juta jiwa, kendati jumlah tersebut masih jauh dibandingkan sebelum pandemi melanda yang bisa mencapai hingga 6,2 juta orang. “Pariwisata Bali 2022 akan terus membaik sejalan dengan penyelenggaraan sejumlah event internasional, pelonggaran kebijakan perjalanan dan peningkatan jumlah maskapai internasional yang mengoperasikan penerbangan langsung ke Bali, terutama sejak Maret 2022,” jelasnya.

Baca juga :  KPw BI Provinsi Bali Bagikan Daging Kurban Idul Adha 1442 Hijriah

Pada kesempatan sama, Deputi Direktur KPwBI Provinsi Bali, Donny H. Heatubun menambahkan, kendati kondisi pariwisata Pulau Dewata mulai menggeliat namun seluruh komponen dan sektor usaha harus meningkatkan optimisme. Ia juga menyampaikan pada bulan Agustus 2022 inflasi Bali cukup tinggi yakni sebesar 6,38 %. “Kita harus tetap optimistis dan itu yang terpenting, karena dengan dua tahun pandemi (2020-2021) pertumbuhan ekonomi Bali yang negatif, kita sudah berhasil positif di tahun 2022,” jelasanya. MD-9

Baca juga :  ”Energi untuk Negeri” Penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button