LPKA Karangasem Panen Eco Enzyme untuk Bersihkan Sungai

Wujudkan Lingkungan Sehat dan Lestari

KARANGASEM, MataDewata.com | Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem menggelar kegiatan Panen Eco Enzyme dan Aksi Jernihkan Sungai di lingkungan sekitar LPKA, Minggu (30/6/2024). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen LPKA Karangasem dalam mendidik anak binaan untuk peduli terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

Pembuatan Eco Enzyme menjadi salah satu solusi kreatif dalam mengatasi permasalahan limbah organik. Daur ulang limbah organik ini menjadi berkah bagi alam dan manusia. Pada bulan Maret 2024, LPKA Karangasem bersama dengan Komunitas Pusaka Indonesia mengadakan pelatihan pembuatan Eco Enzyme kepada anak binaan. Limbah organik buah dan sayur dari dapur LPKA dimanfaatkan untuk bahan baku Eco Enzyme.

Setelah tiga bulan fermentasi, hari ini Eco Enzyme dipanen dan langsung diaplikasikan dalam Aksi Jernihkan Sungai. Sekitar 50 liter Eco Enzyme dituangkan oleh anak binaan ke sungai yang ada di depan LPKA Kelas II Karangasem. Tidak hanya itu, 10 liter Eco Enzyme juga dituangkan ke kolam dan selokan di dalam lingkungan LPKA.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 anak binaan, didampingi oleh petugas LPKA, Plh. Kepala LPKA I Wayan Nova Puspa Adi, dan relawan dari Komunitas Pusaka Indonesia. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata pembinaan LPKA Karangasem dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan kepada anak binaan,” ujar Plh. Kepala LPKA, I Wayan Nova Puspa Adi.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan anak binaan dapat termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan limbah menjadi berkah bagi lingkungan dan ikut beraksi nyata memelihara bumi, mengembalikan ekosistem dan biota air,” imbuhnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, mengapresiasi kegiatan LPKA Karangasem ini. “Kegiatan ini sangat positif dan sejalan dengan program pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Pramella.

“Saya berharap LPKA Karangasem dapat terus berinovasi dan menjadi contoh bagi LPKA lainnya dalam membina anak binaan yang peduli terhadap lingkungan,” tambahnya.

Kegiatan Panen Eco Enzyme dan Aksi Jernihkan Sungai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Dengan mengolah limbah organik menjadi Eco Enzyme, kita dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan menjaga kesehatan ekosistem. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button