Cegahan Kanker Leher Rahim, Kanwil Kemenkumham Bali Sinergi Rotary Club of Bali Taman

Kuatkan Program Kerja Sama Bidang Kesehatan Berkelanjutan

BADUNG, MataDewata.com | Kanwil Kemenkumham Bali bersama Rotary Club of Bali Taman melakukan kolaborasi dalam meningkatkan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kerobokan Kelas IIA Kerobokan, Selasa (30/1/224).

Kegiatan sinergi ini mencakup Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test dan penyuluhan kesehatan bagi WBP

Selama 3 hari, seluruh WBP di Lapas Perempuan mendaftar dan memberikan riwayat obstetri sebelum mengikuti IVA test. Peserta yang memenuhi syarat, termasuk yang telah melakukan hubungan seksual dan tidak sedang hamil, dapat mengikuti pemeriksaan.

Baca juga :  Gubernur Koster Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19 di Pulau Bali
Ik-MD-OJK//1/2023/fm

IVA test dilakukan di dalam mobil Klinik Keliling Kesehatan Wanita, menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat untuk deteksi dini kanker leher rahim. Pada hari pertama, 52 peserta menghasilkan kontribusi positif dalam deteksi dini kanker leher rahim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto, berharap kerja sama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan peningkatan derajat kesehatan WBP di Lapas/Rutan di Provinsi Bali.

Baca juga :  Peningkatan Upaya Memutus Pandemi Covid-19 di Bali

“Semoga keberhasilan pemeriksaan IVA test hari pertama menjadi awal yang baik, dan hasilnya memberikan dorongan untuk mengadakan kegiatan serupa secara berkala” ungkap Romi.

MD-Ik-BPD Bali//1/2023/fm

Kakanwil Kemenkumham Bali juga berharap kolaborasi tersebut kedepannya tidak hanya mencakup pencegahan kanker leher rahim, tetapi juga melibatkan aspek kesehatan lainnya.

Bermuara pada terbentuknya pola hidup sehat di dalam lingkungan pemasyarakatan. “Dengan demikian, WBP dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan dapat berkontribusi positif terhadap masyarakat setelah bebas,” tutup Romi Yudianto. Kh-MD

Baca juga :  Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Transformasi Imigrasi Melalui Strategi Digitalisasi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button