Dilanda Pandemi KSP Bhuwana Sardula Tetap Berbagi Ribuan Paket Sembako

GIANYAR, MataDewata.com | Pengurus KSP Bhuwana Sardula membeberkan kinerja dan manfaat yang diberikan kepada anggota selama tahun 2020 saat rapat anggota tahunan (RAT) di Warung Bu Mangku, Sabtu (27/2/2021). Kendati RAT berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pengurus tetap menyiapkan 1.250 paket Sembako bagi anggota yang memerlukan masing-masing senilai Rp250 ribu per paket secara gratis.

Foto: Penyerahan Sembako kepada Anggota KSP Bhuwana Sardula.

Demikian disampaikan Ketua KSP Bhuwana Sardula, I Ketut Saban, S.E,. didampingi Wakil Ketua, Ni Putu Kristina, S.E., Sekretaris, Ni Made Partini, S.Kom., Serta Bendahara, Ni Made Riasih. Disampaikan, rapat anggota tahunan merupakan amanah yang wajib dilakukan setiap tahun. RAT kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang membatasi kerumunan. “Sehingga anggota yang diundang untuk hadir pada RAT ini sangat dibatasi,” katanya.

Baca juga :  Digugat Nasabah Rp2 Miliar, LPD Desa Adat Uma Cetra Mohon Bantuan Hukum Golkar Bali
Ik/MD-UBB//18/2021/fm

KSP Bhuwana Sardula memiliki anggota sebanyak 2440 orang. Pada laporan tahun buku 2020 pengurus koperasi telah menyebarkan kuisioner kepada anggota dengan menyiapkan empat pertanyaan sebagai kesimpulan dari anggota terdapat juga laporan keuangan dan kinerja pengurus. Made Saban mengakui kinerja tahun 2020 menurun. SHU KSP Bhuwana Sardula sebesar Rp406 juta atau turun 65% dari tahun 2019 lalu yakni senilai Rp1,1 miliar.

Karena turut terdampak akibat pandemi Covid-9, disampaikan Aset juga mengalami penurunan dari Rp39,9 miliar menjadi Rp 37,4 miliar. Selain itu target peningkatan anggota 10% menjadi 2.650 anggota, namun hanya tercapai 2.443 anggota saja. “Meskipun kami mengalami pertumbuhan negatif, dari segi komitmen kami dalam membantu anggota tetap kami nomor satukan yang dibuktikan dengan memberikan paket Sembako kepada anggota yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi. Sehingga 15 Mei 2020 kami memberikan 750 paket Sembako dan bingkisan Ramadhan,” bebernya.

Baca juga :  Laba Bank BPD Bali Triwulan I Tahun 2023 Rp199 Miliar
Ik/MD-UBB//18/2021/fm

Manfaat lainnya yang diberikan koperasi kepada anggota yaitu pada Galungan pertama Februari di tahun 2020 lalu memberikan paket daging 276 paket masing-masing senilai Rp190 ribu. Kemudian Galungan kedua bulan November sebanyak 301 paket masing-masing senilai Rp195 ribu. “Pada RAT kali ini sebagai kepedulian terhadap anggota sebagai pemilik koperasi, kami juga memberikan Sembako sekitar 1.250 paket pada hari ini dan dilanjutkan besok senilai Rp120 juta,” katanya lanjut mengatakam hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap anggota untuk memenuhi urusan perut.

Baca juga :  Kembali Tampil Prima, Max Car Wash Batubulan Layani Customer dengan Prokes Ketat

Ditegaskannya, upaya tersebut dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Sehingga ditargetkan tahun 2021 pihaknya dapat mengembalikan berbagai program pengurus yang belum dicapai di tahun 2020. Di antaranya dari segi aset tumbuh 6%, minimal aset Rp39 miliar, SHU 28% (Rp520 juta-an). “Apa yang belum tercapai di 2020 itu yang perlu kita kejar. Misalnya asetnya dikembalikan, kalau kondisi memungkinkan melakukan rapat dengan memanggil anggota. Kami tetap berpacu pada apa yang kami peroleh sebelumnya,” terangnya. Ys-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button