Persiapan Rampung, Gubernur Wayan Koster Buka Musprov I SMSI Bali Besok

Kuatkan Partisipasi Media Online Ciptakan Kondusifitas Pemilu 2024

DENPASAR, MataDewata.com | Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali siap menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) I di Aula Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali Denpasar pada Jumat (25/8/2023) besok. Bertajuk: Meningkatkan Profesionalisme Media Online di Tengah Kompetisi Platform Digital.

Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja menymapiakan Musprov I dilaksanakan untuk meminta laporan pertanggungjawaban pengurus SMSI periode sebelumnya lanjut memilih dan menetapkan Ketua dan Pengurus SMSI Bali periode 2023-2028. Adapun tema yang diangkat dijelaskannya untuk merespon tahun politik 2024 agar kondusifitasnya terjaga.

Ik-MD-Bank BPD Bali-QCB//1/2023/fm

Menurutnya media harus merapatkan barisan dan menjadi cleaning house atau rumah pembersih untuk segala informasi yang tersebar di dunia maya, terutama di media sosial (Medsos). “Karena akan ada banyak informasi yang tersebar (di Pemilu 2024), termasuk yang ada di Medsos. Untuk itu fungsi media itu sebagai pembersih atau cleaning house,” ujar Edo, Kamis (24/8/2023).

Lanjut menyampaikan Musprov I menjadi ruang untuk melahirkan kesepakatan bersama dari semua media yang bernaung dalam payung SMSI Bali, menciptakan Pemilu 2024 kondusif di setiap tahapannya. Lanjut Edo sapaan akrabnya, media mempunyai peran penting dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024. Di samping menjalankan fungsi pengawasan, media juga berperan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Jika KPU (Komisi Pemilihan Umum) adalah penyelenggara maka media fungsinya mengawasi dan mengawal pesta demokrasi berjalan dengan baik. Kemudian mendorong masyarakat untuk berpartisipasi. Satu persoalan yang ada di Bali kan partisipasi pemilu rendah,” terangnya.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Pada kesempatan sama, Ketua Panitia Musprov I SMSI Bali, I Gusti Ngurah Dibia mengatakan persiapan Musprov I telah rampung. Lanjut menginformasikan acara tersebut akan dibuka langsung Gubernur Bali, Wayan Koster. Turut diundang untuk hadir Bupati Jembrana, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bali, Pengurus Pusat SMSI, Perwakilan Google Indonesia serta 34 media online/siber anggota SMSI Bali sebagai peserta.

“Di samping agenda persidangan, Musprov I juga akan diisi penyampaian materi oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dengan judul “Jembrana Emas”, kemudian pemaparan materi oleh perwakilan Google Indonesia dan Pengurus Pusat SMSI terkait pengelolaan media online,” pungkas Ngurah Dibia. AP-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button