Kuakan Jiwa Kewirausahaan agar UMKM Naik Kelas, Diskopukmp Badung Gelar Pelatihan Mixologi

Buku Peluang Usaha dan Siapkan Permodalan

BADUNG, MataDewata.com | Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku UMKM sekaligus meningkatkan kompetensi kewirausahaan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmp) Kabupaten Badung menggelar Pelatihan Mixologi bertempat di Ruang Rapat Cempaka kantor setempat, Rabu (24/4/2024).

Dibuka langsung Kepala Dinas (Kadiskopukmp) Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si., dijleaskannya kegitan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan agar UMKM naik kelas serta penguatan kapasitas serta kompetensi SDM UMKM dan jiwa kewirausahaan melalui pendidikan dan pelatihan khususnya di Kabupaten Badung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Bagian Perekonomian,Putu Ambara, Analis Kebijakan, Dinas perindustrian dan Tenaga, Kerja Arya Wiranata Darmawan, JF Analis Perdagangan Ahli Muda, Ni Made Widyaningsih, Analis Perencanaan dan Pelaporan Bappeda Badung, Ni Wayan Nariani, JF Pengembang Kewirausahaan Diskop Ni Made Ari Yudani, Direktur SPB Bali, IGA Melistyari Dewi.

Baca juga :  Ny. Putri Koster Buka Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 4

Mixologi sendiri berarti pembuatan minuman dan teknik baru berdasarkan pengetahuan yang luas tentang seluruh bahan yang ada, serta pemahaman yang mendalam tentang sejarah minuman

Made Widiana pada kesempatan itu juga menjelaskan bahwa pelatihan mixologi ini dirancang untuk mempersiapkan peserta agar mampu dan memahami kemampuan untuk menjadi mixologiest. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga membantu peserta untuk mengembangkan soft skill seperti kemampuan dalam berinteraksi dan menjalankan suatu usaha.

“Karena Kabupaten Badung berada di kawasan pariwisata, kita melirik dari pertumbuhan seperti kafe ataupun warung yang menyediakan minuman. Jadi untuk itu terlaksanakannya pelatihan ini tidak hanya membantu mereka untuk bekerja di sektor pariwisata seperti restoran, akan tetapi juga membantu mereka untuk mengolah dan membangun sebuah usaha asalkan mereka bisa melihat peluang,” terangnya lebih lanjut.

Baca juga :  Rizki Ernadi: Ekonomi Mulai Tumbuh, Bank Masih Hati-Hati Salurkan Kredit

Disampaikan juga bagi peserta yang ingin membuka usaha, Kabupaten Badung juga menyediakan permodalan. Didahului dengan penandatangan MoU dan beberapa ketentuan seperti biasanya. Sehingga modal untuk calon pengusaha yang diberikan Kabupaten Badung melalui Diskopukmp Kabupaten Badung ini sangat berarti nantinya.

“Akan tetapi kita juga akan mendidik mereka supaya mereka tetap berusaha dan terus berusaha kedepannya dan mampu untuk mencari modal sendiri dari usaha mereka,” tutupnya seraya berharap ke depan profesi mixologiest menjadi pilihan karir yang menjanjikan bagi kalangan generasi muda, khususnya di kabupaten badung yang banyak pergerakan ekonominya di sektor jasa dan pariwisata. Kb-MD

Baca juga :  Bank BPD Bali Perluas Penggunaan QRIS ke Pasar Tradisional

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button