Sanggar Seni Cudamani Sajikan Pelegongan Klasik Lintas Generasi

DENPASAR, MataDewata.com | Pelegongan klasik dan karya baru dibawakan seniman cekatan lintas generasi persembahan Sanggar Seni Cudamani, Banjar Pengosekan Ubud, Gianyar, di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Kamis (20/6/2024).

Mengingatkan kembali kesungguhan karya-karya maestro di zaman dulu untuk dapat dinikmati saat ini. Sejalan dengan tema “Jana Kerthi Paramaguna Wikrama” sanggar ini tampil apik di ajang Pesta Kesenian Bali ( PKB) ke-46.

Para penonton tampak antusias memadati panggung dengan kapasitas tempat duduk 400 orang itu. Diantaranya juga hadir para tokoh, budayawan hingga wisatawan asing. Tak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen pergelaran baik dalam bentuk rekaman video maupun fotografi.

Sanggar Cudamani di bawah asuhan composer, I Dewa Putu Berata menampilkan 7 karya tabuh dan tari, tiga karya yang dibawakan dari kalangan dewasa dan 4 karya disajikan oleh kalangan remaja.

Satu diantaranya terdapat gending cukup tua diperkirakan diciptakan sekitar tahun 1970-an dan kembali dibangkitkan karena hampir punah. Gending ini direkonstruksi ulang Sanggar Cudamani bersama Dewa Putu Berata. Kb-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button