Perlu Uluran Tangan Dermawan, Nasib Putu Malini Memprihatinkan

Alami Penyakit Kulit Melepuh

BANGLI, MataDewata.com | Nasib Putu Malini (13 tahun) makin memprihatinkan. Ia hanya bisa berdiam di rumah karena kondisi tubuhnya yang cacat. Selain kulitnya yang melepuh, anak pertama dari enam bersaudara ini sulit bisa berjalan karena pertumbuhan yang lambat.

“Kakinya mengecil sehingga tidak bisa berjalan jauh. Putu hanya diam di rumah sambil menjaga adik-adiknya yang masih kecil,” ungkapnya, I Gede Yasa yang tinggal di Banjar Desa, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu (12/4/2023).

Dalam mengisi kesehariannya, Putu hanya di rumah sambil menjaga adik-adiknya karena kedua orangtuanya bekerja jadi buruh di luar.

Lanjut menuturkan, Putu Malini sudah mengalami gangguan sejak kecil, di usianya dua tahun. Meski sebagai buruh, ia dan istrinya sudah berupaya untuk mengobati penyakit anaknya. Bahkan Putu sempat dua minggu dirawat di Rumah Sakit Sanglah saat usianya sekitar 10 tahun.

Baca juga :  BI Bersama Korem 163/Wira Satya Kembali Boster Masyarakat untuk Tangkal Covid-19

Namun penyakitnya tak kunjung sembuh bahkan terus meluas. Kondisi ekonomi orangtuanya yang hanya sebagai buruh, membuat pengobatannya tak berkesinambungan. Sehingga terpaksa Putu lebih banyak diam di rumah.

Ik-MD-ITB STIKOM Bali//2/2023/fm

“Ia tak pernah sekolah. Kondisinya tak normal bahkan kakinya mengecil sehingga sulit berjalan,” ungkap Yasa. Ditambahkan bantuan obat (salep) pernah diberikan petugas. Namun sejak beberapa tahun terakhir terhenti.

Baca juga :  Tingkat Kedisiplinan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan 3M Menurun

Karena kasihan dengan kondisi anaknya, Yasa terpaksa minta bantuan obat dari temannya di Gianyar. “Kalau habis saya ke Gianyar minta obat, saya tak mampu lagi membelikannya obat,” ujarnya.

Warga setempat, Somya Putra berharap ada uluran tangan (peduli) dengan nasib Putu dan memberi dukungan untuk pengobatannya. “Semoga ada bantuan untuk dapat mengurangi beban hidupnya,” ujar Somya seraya memberikan nomor kontak I Gede Yasa (085238286994) yang bisa dihubungi. Ln-MD

Baca juga :  Kalaborasi ITB STIKOM Bali Jadikan Banjar Merta Nadhi Pilot Project Bali Bebas Covid-19

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button