Kakanwil Romi Yudianto Pastikan Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Lapas Karangasem

Bentuk Kepedulian dan Kehadiran Negara Menjamin Hak Semua WBP

KARANGASEM, MataDewata.com | Meningkatkan partisipasi pemilih saat Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem memberikan fasilitasi pelaksanaan Sosialisasi Pendidikan Pemilih kepada seluruh Warga Binaan/Anak Binaan Pemasyarakatan, Kamis (11/1/2024).

Bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem, Sosialisasi Pendidikan pemilih diselenggarakan secara terpusat di Aula Lapas Karangasem yang tergabung dengan Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem. Sosialisasi Pendidikan pemilih bagi Warga/Anak Binaan Pemasyarakatan dalam Pemilu tahun 2024 mendatang sangatlah penting, mengingat keterbatasan akses informasi selama berada di dalam Lapas/LPKA.

Baca juga :  Kemenkumham Bali Aksi Maraton Peduli di Tiga Tempat, Termasuk Panti Asuhan yang Mengalami Kebakaran
Ik-MD-OJK//2/2023/fm

“Sosialisasi Pendidikan pemilih merupakan titik awal untuk mengedukasi dan memperkenalkan seluruh calon pemimpin/wakil negara, serta rangkaian proses/prosedur Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali, Romi Yudianto.

Lanjut meminta kepada satuan kerja di Lapas maupun Rutan untuk memastikan data kependudukan bagi warga binaan agar tercatat dan masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). “ini merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran negara dalam menjamin hak semua warga binaan untuk berpartisipasi dalam pemilu nanti,” ujar Kakanwil Romi Yudianto.

Baca juga :  Mewakili Dirjen Imigrasi, Kakanwil Kemenkumham Bali Dukung Skema Family Office Untuk Tingkatkan Investasi
Ik-MD-BPD Bali-BI//1/2023/fm

Selanjutnya, sosialisasi diserahkan kepada jajaran KPU Kabupaten Karangasem untuk memaparkan materi sosialisasi terkait prosedur dan mekanisme pemungutan suara. Melalui anggota KPU Dvisi Sosialisasi, Kadek Sukara menyampaikan pentingnya partisipasi semua warga negara dengan hak pilih untuk memberikan pilihannya pada Pemilu 2024 mendatang.

“Untuk seluruh Warga/ Anak Binaan Pemasyarakatan yang ada di Lapas dan LPKA Karangasem, kami sampaikan bahwa partisipasi dalam menetukan pilihan dalam pemilu sangatlah penting, ini merupakan bentuk kontribusi kita sebagai warga negara terhadap kemajuan Pembangunan bangsa dan negara,” Jelas Sukara.

Baca juga :  Sambut Awal Semester 2, Kadiv Yankumham Bali Minta Jajaran Evaluasi Kinerja Semester 1

Sebagai penutup, diharapkan melalui Sosialisasi Pendidikan pemilih menuju Pemilu 2024 dapat memberikan pemahaman kepada seluruh Warga/Anak Binaan Pemasyarakatan tentang pentingnya menggunakan hak pilih dalam partisipasi demokrasi untuk Pembangunan Negara. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button