Wawali Arya Wibawa Tinjau Lomba Serangkaian Hari Pramuka di Taman Kota Lumintang

DENPASAR, MataDewata.com | Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa yang juga selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar meninjau langsung pelaksanaan berbagai lomba yang digelar di Taman Kota Lumintang, Denpasar, Sabtu (10/8/2024). Kegiatan yang digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar dalam rangka menyambut peringatan Hari Pramuka ke-63 ini menghadirkan berbagai jenis lomba dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penagak/Pandega. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara dan Ketua Harian Kwarcab Denpasar, Dr. I Gusti Lanang Jelantik.

Baca juga :  Kwarcab Badung Gelar Dianpinru dan Dianpinsat Badung Tahun 2024 di Buper Pondok Jaka Sangeh

Wawali Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa pelaksanaan lomba ini dapat menonjolkan kekhasan Pramuka Kota Denpasar dengan menonjolkan seni dan budaya Bali. Sehingga, selain ditempa dalam pembentukan karakter, Gerakan Pramuka juga wajib mendukung kelestarian seni dan budaya Bali. “Lomba- lomba yang digelar mengambil kearifan lokal Bali khususnya di Kota Denpasar, ini yang ingin kita tonjolkan bahwa pramuka di Kota Denpasar mempunyai hal yg khas untuk memperkuat seni dan budaya Bali khusus nya di Kota Denpasar,” ungkapnya.

Baca juga :  Siapkan SDM Berdaya Saing, ITB STIKOM Bali Akan Wisuda 435 Mahasiswa

Ketua Panitia Lomba, Ir. Putu Ngurah Sonny Sanjaya mengatakan bahwa kegiatan lomba ini ditujukan untuk memperkuat rasa kesatuan dan persatuan antar anggota pramuka. Selain itu, melalui kegiatan lomba-lomba ini juga diharapkan mampu meningkatkan wawasan pengetahuan lebih luas lagi. “Melalui lomba itu juga memperkuat persatuan dan kesatuan di antara para anggota pramuka, meningkatkan solidaritas, dan wawasan pengetahuan, serta semangat kebangsaan,” ujarnya.

Sonny mengatakan, pelaksanaan lomba ini dibagi atas tiga kategori utama. Yakni Kategori Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak/Pandega. Untuk Kategori Pramuka Siaga turut dilaksanakan lomba pengucapan Dwi Darma dan Dwi Satya, dan keterampilan melipat kertas origami dengan jumlah peserta mencapai 400 orang. Selanjutnya untuk Kategori Pramuka Golongan Penggalang turut digelar lomba Fun Orienteering, membuat canang sari dan membuat klabang mantri yang diikuti oleh 21 Sekolah. Sedangkan untuk Kategori Pramuka Golongan Penegak/Pandega turut digelar lomba membuat karangan lawar jangkep, dan lomba membuat gebogan buah lokal yang diikuti oleh 9 sekolah. Ind/Kh-MD

Baca juga :  Bulan Bakti Pramuka Wajib Aktif dalam Gerakan Pemulihan Indonesia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button