Pendidikan

LP3M Unud Gelar Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus dan Kelompok Berbasis Proyek

Tingkatkan Capaian IKU dan Kualitas Pembelajaran

DENPASAR, MataDewata.com | Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Udayana selenggarakan Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) secara Daring melalui aplikasi Cisco Webex, Selasa (15/3/2022). Workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan kualitas pembelajaran di lingkungan Universitas Udayana.

Ketua Panitia Prof. Putu Alit Suthanaya menyampaikan, peserta workshop dihadiri oleh sekitar 120 peserta dari seluruh Fakultas di Universitas Udayana. Kegiatan workshop didasari oleh IKU Perguruan Tinggi Negeri Nomor 7 yaitu pembelajaran dalam kelas yang diharapkan adanya persentase mata kuliah menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (Case Method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (Team-Based Project) sebagai bagian bobot evaluasi. Melalui workshop ini diharapkan dapat memberikan persepsi yang sama terkait implementasi metode pembelajaran pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis proyek dalam mata kuliah.

Baca juga :  ITB STIKOM Bali Siapkan 6.500 SDM Siap Kerja Skala Lokal, Nasional dan Luar Negeri

Rektor Universitas Udayana yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja menyampaikan, kontrak kinerja Rektor dengan Kemendikbudristek disebut dengan IKU merupakan ukuran kinerja bagi Perguruan Tinggi untuk mewujudkan Perguruan Tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran yang lebih konkrit. IKU 7 merupakan persentase dari mata kuliah Diploma dan S1 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis proyek sebagai bagian dari bobot evaluasi. Wakil Rektor Bidang Akademik berharap melalui Workshop ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta dan tentunya bagi Universitas Udayana.

Baca juga :  Kontingen Universitas Udayana Raih Medali Perak pada Ajang 2nd IPHO 2023

Workshop ini menghadirkan 3 narasumber diantaranya Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., dari UNJ dengan materi Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama dan Metode Pembelajaran Case Method, Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si., dari Undiksha dengan materi Metode Pembelajaran Student Centered Learning dan Team-Based Project serta dr. Wayan Sumardika, M.Med.Ed., Ph.D., dari Fakultas Kedokteran Unud dengan materi Implementasi Metode Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project. Ud-MD

Baca juga :  Mahasiswa FH Unud Diterima Magang MBKM di Satpol PP Pemkab Badung

Sumber: http://www.unud.ac.id
https://www.unud.ac.id/in/berita4403-Tingkatkan-Capaian-IKU-dan-Kualitas-Pembelajaran-LP3M-Unud-Gelar-Workshop-Metode-Pembelajaran-Pemecahan-Kasus-dan-Kelompok-Berbasis-Proyek.html

Berita Terkait

Back to top button
Close