Ny. Putri Suastini Koster Kuatkan Peran MUKI Bali Melalui Festival UMKM 2023

DENPASAR, MataDewata.com | Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster menghadiri pembukaan Festival UMKM yang digelar Dewan Pengurus Wilayah Majelis Umat Kristen Indonesia (DPW MUKI) Bali di sisi barat Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Jumat (7/7/2023).

Apresiasi disampaikan Ny. Putri Koster atas pelaksanaan Festival UMKM yang digelar DPW MUKI Bali. Ia berharap kegiatan tersebut berkelanjutan untuk meningkatkan peran MUKI menemukan potensi UMKM dan melakukan pembinaan. Sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali ia juga memuji langkah MUKI dalam merangkul dan memfasilitasi UMKM Bali dalam kegiatan festival.

Ik/MD-BPD Bali-KK//15/2023/fm

Ditegaskannya UMKM merupakan salah satu kekuatan dalam sektor perekonomian yang terbukti mampu bertahan di tengah situasi pandemi Covid-19. Lanjut menuturkan langkah yang ditempuhnya dalam membantu UMKM agar bisa tetap bertahan dalam situasi pandemi.

Baca juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Kebersamaan Warga Desa Adat Ngis

Salah satu upaya yang dilakukannya dan masih berlanjut hingga saat ini adalah penyelenggaraan Pameran IKM Bali Bangkit di Taman Budaya. “Sudah 2,5 tahun kita gelar dan hingga akhir tahun 2022, omzetnya telah mencapai Rp52 miliar. UMKM bisa diibaratkan pelita dalam kegelapan,” ungkapnya.

Selaku Ketua Dekranasda Bali, Ny. Putri Koster kembali menegaskan komitmen dalam pelestarian kain tenun tradisional Bali. Sejak awal mengemban tugas sebagai Ketua Dekranasda Bali, ia gencar menyerap aspirasi guna memetakan persoalan yang dihadapi oleh perajin kain tenun tradisional, khususnya endek dan songket.

Dari hasil penelusurannya, ia mendapati persoalan serius yang dihadapi kain endek dan songket. Endek karya perajin lokal terdesak oleh kain serupa yang diproduksi secara massal di luar Bali. Sementara songket harus berhadapan dengan produsen kain bordir yang menjiplak motif kain khas tradisional Bali tersebut. Sejalan dengan semakin canggihnya teknologi, menurutnya kualitas kain yang dihasilkan semakin menyerupai songket.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Menurutnya situasi ini tak boleh dibiarkan karena menjadi ancaman serius bagi upaya pelestarian kain endek dan songket. Selain itu, secara ekonomi Bali juga sangat dirugikan karena perputaran uang akan lebih banyak lari ke daerah di mana tenun itu diproduksi secara massal.

Baca juga :  “Angelus Bhuana” Bupati Badung Giri Prasta Terima Audiensi Masyarakat Gianyar

Sebelum terlambat, Ny. Putri Koster ingin menumbuhkan kesadaran bersama tentang pentingnya pelestarian budaya, khususnya kerajinan tenun tradisional Bali. “Jangan terjebak pada pola pikir pragmatis yang hanya mengejar keuntungan,” cetusnya.

Ketua DPW MUKI Bali Elsye Runkat menyampaikan terima kasih atas kesediaan Ny. Putri Koster hadir pada pembukaan Festival UMKM. “Meskipun hujan, ibu tetap hadir. Kami sangat berterima kasih,” ujarnya.

Baca juga :  Ketua Dekranasda Provinsi Bali Bincang Mode Bersama Samuel Wattimena

Menurutnya, kehadiran Ny. Putri Koster menjadi penyemangat bagi pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan festival. Ke depannya, MUKI Bali akan terus berupaya mendorong kemajuan UMKM agar bisa menjadi berkat bagi Daerah Bali. Dijelaskan olehnya, festival yang digelar selama dua hari, dari tanggal 7 hingga 8 Juli 2023 ini mengusung tema “Bangkit Berkemajuan Melalui Penguatan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat”. Hp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button