Upacara Utamaning Madia Ida Cokorda Ngurah Jambe Pemecutan Habiskan Dana Rp2,5 Miliar

DENPASAR, MataDewata.com | Usai pelebon Ida Cokorda Ngurah Jambe Pemcutan ke-IX di bulan Juni 2023, keluarga puri segera laksanakan upacara penyucian/pembersihan yang akan dilangsungkan bulan September 2023 mendatang. “Adapun tingkatan upacara yang akan dilaksanakan yakni tingkatan Utamaning Madia atau bisa diistilahkan dengan upacara Maligya Jangkep Puri Agung Denpasar dengan memakai 3 ekor kerbau,” kata Manggala Karya, dr. A.A.Ngr. Gd. Dharmayuda, M.Kes., Rabu (30/8/2023).

Baca juga :  Karya Maligia Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung
Ik-MD-Bank BPD Bali-QCB//1/2023/fm

Sebelum dilaksanakan upacara Utamaning Madia, pihak Puri Agung Denpasar akan melaksanakan acara potong gigi massal (Mepandes) dengan mengambil dua gelombang, sebab jumlah pesertanya mencapai 200 orang.

Untuk gelombang pertama dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2023 yakni upacara nyekeb, dan 1 September 2023 dilaksanakan potong gigi dengan jumlah peserta sebanyak 94 orang. “Gelombang kedua dilaksanakan tanggal 7 September 2023 yakni upacara, dan tanggal 8 September dilaksanakan potong gigi dengan jumlah peserta sebanyak 106 orang,” terangnya.

Baca juga :  Prosesi Nyenuk Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang ke Pura Desa Denpasar
Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Lanjutnya, setelah dilaksanakan upacara potong gigi di tanggal 8 September 2023 akan dilaksakan upacara ngulapin ke segera. Dimana upacara ngulapi ini yakni memanggil arwah orang mati untuk di ajak pulang kerumau untuk dilakukan upacara penyucian/pemebersihan. “Upacara ini mengambil tingkatan Utamaning Madia atau diistilahkan dengan upacara Maligya Jangkep Puri Agung Denpasar,” jelasnya.

Baca juga :  Gubernur Bali Melaksanakan Persembahyangan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

Sembari menambahkan untuk biaya yang dikeluarkan dalam pelaksanaan upacara ini menghabiskan biaya mencapai Rp2,5 miliar lebih. Setelah puput upacara, beliau akan melinggih dulu. Setalah itu nantinya di bulan Oktober 2023 baru dilaksanakan rapat untuk menentukan siapa yang kedepannya akan menggantikan sosok Ida Cokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX. Ss-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button