Dukung Pemulihan Ekonomi, PHDI Bali Bersama LP LPD dan BKS LPD Sepakat Bersinergi

Penguatan LPD dan Program Dharma Wacana

DENPASR, MataDewata.com | Mendukung pemulihan ekonomi Bali melalui Lembaga Perkreditan Desa (LPD), PHDI Provinsi Bali sepakat bersinergi bersama Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD dan Badan Kerjasama (BKS) LPD Bali. Hal itu disampaikan Ketua PHDI Provinsi Bali, Nyoman Kenak saat diwawancarai Minggu (30/7/2022) melalui Daring.

“Kami bersama Pengurus BKS LPD Provinsi Bali telah bertemu tempo hari, spiritnya sama untuk pemulihan ekonomi Bali, dalam waktu dekat kami akan godok bentuk kegiatannya,” ungkap mantan Ketua PHDI Denpasar dua periode itu.

mmunwar.com

Bentuk kerjasama akan digodok melalui Focus Group Discution (FGD) atau seminar. Kenak mengungkapkan bahwa selama ini sinergi dengan LP LPD dan BKS LPD berjalan dengan baik karena didukung anggaran yang mencukupi.

Untuk tahun ini, program yang diperkuat yakni dharma wacana ke umat-umat sekaligus mengajak umat untuk ikut memperkuat LPD di masing-masing desa. Secara eksternal, PHDI Bali siap membantu berkomunikasi dengan lembaga lain seperti penegak hukum, untuk menjaga ataupun menyelamatkan asset nasabah LPD. Bilamana terjadi sesuatu dalam tubuh LPD agar penegakan hukumnya berorientasi pada kepastian hukum, tetapi juga penyelamatan aset LPD dan aset nasabah.

“LPD itu merupakan lembaga keuangan yang memiliki semangat membangun ekonomi tingkat desa adat. Jadi warga adat yang harus ikut membesarkan LPD. Jangan sampai ada LPD yang sakit,” tegasnya.

Kenak menambahkan, sinergi juga akan terkait penanganan kasus-kasus hukum seperti dugaan korupsi tidak selalu ditangani dengan hukum positif untuk menyelamatkan dana LPD. “Kalau ditangani secara hukum positif, maka dana itu akan disita. Karena itu dana masyarakat adat, maka ketika itu disita, masyarakat secara langsung kehilangan uangnya. Ini juga yang akan kita bahas nanti,” tuturnya.

Dalam FGD ataupun seminar nanti, PHDI dan BKS akan menghadirkan sejumlah tokoh, pengamat ekonomi dan pejabat pemangku kebijakan. Sementara Ketua BKS LPD Provinsi Bali Nyoman Cendikiawan dalam pertemuan bersama Pengurus PHDI Provinsi Bali mengatakan siap totalitas saling mendukung PHDI.

Melalui sinergi ini ia berharap dapat mencerdaskan umat, sekaligus mendukung penguatan LPD. Hal ini menyikapi fenomena beberapa LPD yang akhirnya bermasalah lantaran oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. “Kami berharap sinergi ini dapat saling mendukung penguatan lembaga masing-masing, serta pemulihan ekonomi Bali,” pungkasnya. Pw-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button