Sambut Bulan Bung Karno, Pemkot Denpasar Siapkan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar

DENPASAR, MataDewata.com | Peringatan Bulan Bung Karno kembali di sambut Pemkot Denpasar dengan berbagai kegiatan pada tanggal 13 Juni tahun 2024 mendatang. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Denpasar melaksanakan persiapan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar “Pancasila: Cerita Cinta, Perjuangan dan Kebangkitan” dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar.

Kesiapan pagelaran ini disampaikan pada rapat yang dipimpin Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kamis (30/5/2024) di Kantor Wali Kota Denpasar bersama Kaban Kesbangpol Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Gede Darma Putra Atmadja, dan tim kreatif Peringatan Bulan Bung Karno VI Kota Denpasar Tahun 2024.

Baca juga :  Bencana Pohon Tumbang, Sekda Adi Arnawa Tinjau Gedung SD Negeri 3 Bongkasa

“Dalam satu panggung pagelaran budaya memperingati Bulan Bung Karno di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar untuk mengenang warisan dan semangat kepemimpinan Bung Karno. Ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan kekayaan budaya Indonesia, memperkuat rasa persatuan, dan mempromosikan keragaman yang menjadi kekuatan bangsa,” ujar Wali Kota Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, Bulan Juni diperingati sebagai Bulan Bung Karno untuk menghormati salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia, yaitu Bung Karno atau Soekarno. Soekarno adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama Republik Indonesia. Bulan Juni dipilih karena tanggal 6 Juni 1901 adalah tanggal lahirnya.

Baca juga :  Wawali Jaya Negara: Gotong Royong Perlu Dilestarikan

“Peringatan ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasanya dalam memimpin perjuangan kemerdekaan serta memperjuangkan kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia,” ujar Wali Kota Jaya Negara.

Di samping itu, Wali Kota Jaya Negara juga mengharapkan pagelaran budaya dalam peringatan bulan Bung Karno untuk memperingati dan menghormati jasa serta kontribusi Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pagelaran budaya juga bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme, mempromosikan keberagaman budaya Indonesia, serta menyatukan masyarakat dalam semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara, Kaban Kesbangpol Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Gede Darma Putra Atmadja menyampaikan, persiapan telah dilakukan dengan melibatkan tim kreatif dari tokoh seni di Kota Denpasar. Tema kegiatan tahun ini yakni, “Harmoni Tri Sakti dan Perwujudan Visi Bung Karno menuju Denpasar Maju”. “Puncak pagelaran akan menampilkan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar, Pancasila: Cerita Cinta, Perjuangan dan Kebangkitan,” ujarnya.

Baca juga :  Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar Meriahkan Puncak Bulan Bung Karno di Kota Denpasar

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pagelaran nanti juga dimeriahkan dengan puisi dan pidato dari pemenang lomba dalam memeriahkan Bulan Bung Karno. Di samping itu juga akan digelar pameran Juara Lomba Bulan Bung Karno dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, BPMD, hingga TP PKK Kota Denpasar. “Melalui pagelaran tersebut, masyarakat dapat lebih memahami dan mengapresiasi nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Bung Karno serta menjaga warisan budaya Indonesia,” ujarnya. Pur/Hd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button