Universitas Mahendradatta Laksanakan Penelitian Akademis Pura, Puri dan Purana di Jembrana

Siap Luncurkan Buku dan Sebar Ratusan Video Promosi Pariwisata di Medsos

JEMBRANA, MataDewata.com | Kabupaten Jembrana sebagai pintu gerbang Wilayah Barat Provinsi Bali memiliki nilai-nilai sejarah yang kental khususnya terkait Pura, Puri dan Purana yang belum banyak dipahami masyarakat. Hal inilah yang mendorong Universitas Mahendradatta melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Jembrana, Bali dari tanggal 27-29 Januari 2022.

“Pura, Puri dan Purana merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sehingga menarik bagi kaum akademisi untuk melakukan penelitian ilmiah terkait bagaimana korelasi dari tiga komponen ini di Gerbang Barat Provinsi Bali ini” ungkap Ketua Panitia kerja sosial Universitas Mahendradatta, Ida Bagus Anggapurana Pidada S.H, M.H., pada acara penutupan, Minggu (30/1/2022).

Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, S.H., yang mendukung penuh kegiatan kerja sosial tersebut Bahkan bupati yang dikenal bersahaja itu turut serta hadir hingga menutup langsung kegiatan yang dilaksanakan di Kolam Naga Solas, Istana Jimbarwana, Desa Penyaringan pada tanggal 29 Januari 2022.

Baca juga :  Lomba Gerak Jalan Kreasi Tingkat SMP dan SMA Meriahkan Hut ke-128 Kota Negara

Program penelitian yang dilaksanakan diharapkan menjadi salah satu pilar untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Jembrana. Mengedepankan daya tarik nilai-nilai sejarah Pura, Puri dan Purana di Kabupaten Jembrana. “Kabupaten Jembrana memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan dan sejumlah destinasi pariwisata Internasional segera dibangun di Kabupaten Jembrana. Meskipun masyarakat Jembrana tidak bergantung dengan pariwisata namun jika ditambah pariwisata tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jembrana” ungkapnya.

Ketua Umum Yayasan Universitas Mahendradatta, I Gusti Ngurah Wira Wedawetri Wedastraputra Suyasa, S.Sos, S.H, M.H., sebagai Ketua Umum Yayasan Mahendradatta terjun langsung untuk mendukung penuh kegiatan penggalian nilai-nilai sejarah yang ada di Kabupaten Jembrana itu. Dijelaskan, program kerja sosial mengusung tema Universitas Mahendradatta Dalam Tri Ananta Bhakti Jembrana dinilai mampu terlaksana melebihi target yang diharapkan berkat dukungan Ibu Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi W.S , S.E, M.M., selaku DPRD Provinsi Bali, Dapil Jembrana.

Baca juga :  I Kadek Cendana Asvatham Nahkodai P3I Bali Periode 2023-2026

Dukungan berupa program penghijauan dengan penanaman ratusan pohon buah-buahan di wilayah Desa Penyaringan Kabupaten Jembrana. Sebanyak 201 mahasiswa-mahasiswi semester VII didampingi 52 Dosen pembimbing dan 35 panitia dari organisasi kemahasiswaan melakukan penelitian di 8 lokasi utama yakni Desa Penyaringan, puri Agung Jembrana, Puri Agung Negara, Puri Agung Pacekan, pura Perancak, Pura Rambut Siwi, Pura Segara Rupek Melaya dan Pura Segara Rupek Gerokgak.

Dalam penelitian tersebut juga diperluas ke wilayah pura-pura dan desa sekitarnya. Data-data penelitian yang sudah terkumpul akan dikemas dengan peluncuran 3 buah buku yang berkaitan dengan Desa Penyaringan, Pura dan Puri yang ada di Wilayah Kabupaten Jembrana. Selain itu penelitian ini juga akan menghasilkan 201 karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh setiap mahasiswa-mahasiswi dan 52 penelitian yang akan ditulis oleh setiap dosen.

“Universitas Mahendradatta akan meluncurkan 3 Buah Buku, 201 karya tulis ilmiah dan 52 penelitian yang berkaitan dengan Pura, Puri dan Purana yang ada di Kabupaten Jembrana” ungkap Ida Bagus Anggapurana Pidada S.H, M.H.

Baca juga :  Pantau Langsung Pembongkaran Pasar Umum Negara, Bupati Tamba Pastikan Berjalan Lancar

Mahasiswa tidak hanya mengunjungi lokasi penelitian dan mewawancarai Pengempon Pura dan Tokoh-tokoh masyarakat, namun juga mengundang langsung para penglingsir dan tokoh-tokoh Puri dari Puri Agung Jembrana, Puri Agung Pacekan dan Puri Agung Negara yang hadir sebagai narasumber yang langsung di moderatori oleh tokoh Puri Agung Denpasar, Dr. Anak Agung Ngurah Agung Wira Bima Wikrama S.T, M.Si., yang juga merupakan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mahendradatta.

Para mahasiswa dan mahasiswi juga membuat ratusan video-video durasi singkat yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi Pura, Puri dan Desa yang ada di Kabupaten Jembrana ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional. Promosi media sosial yang dilakukan melalui Instagram, Facebook, TikTok dan juga YouTube ini diharapkan dapat memajukan pariwisata Bali, Kabupaten Jembrana pada khususnya di tengah musibah pandemi Covid-19 yang melanda. Um-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button