Peringatan Hari Arak Bali 29 Januari 2024 di GWK Berlangsung Meriah

BADUNG, MataDewata.com | Peringatan kedua Hari Arak Bali digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Badung, dihadiri langsung oleh Wayan Koster Gubernur Bali periode 2018-2023, Senin, Soma Kliwon Wariga (29/1/ 2024).

Sebelumnya pada 29 Januari 2023, Hari Arak Bali diperingati pertama kalinya. Penetapan Hari Arak Bali setiap tanggal 29 Januari ini dilakukan oleh Gubernur Bali Wayan Koster. Sebagaimana diatur melalui Keputusan Gubernur Bali No: 929/03-I/HK/2022 tentang Hari Arak Bali.

Baca juga :  Program Inovatif, Bank BPD Bali Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Dalam perjuangannya Gubernur Wayan Koster berhasil meloloskan dan menjadikan Arak Bali sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia pada tahun 2022, oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No:414/P/2022. Arak Bali adalah minuman beralkohol khas Bali, yang biasanya digunakan masyarakat sebagai penghangat badan serta keperluan upacara adat.

Baca juga :  Gubernur Bali, Wayan Koster Meninjau Kemajuan Pembangunan Pelindungan Kawasan Suci Besakih

Di era Gubernur Bali Wayan Koster (2018-2023) Pemerintah Provinsi Bali memberikan perhatian khusus terhadap produksi maupun distribusi minuman beralkohol khas Bali atau Arak Bali. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Bali No: 1 Tahun 2020.

Dalam Peraturan Gubernur Bali tersebut, Arak Bali adalah minuman fermentasi dan destilasi adalah minuman yang dibuat dari bahan baku lokal secara tradisional dan turun-temurun, dikemas secara sederhana yang mengandung ethil alkohol/etanol (C2H5OH) yang diproses dari bahan hasil pertanian yang mengandung karbohidrat dengan cara fermentasi dan distilasi. Ct-MD

Baca juga :  Bupati Giri Prasta Serahkan BKK Rp2,4 Miliar untuk Karya Pura Dang Kahyangan Puseh Katyagan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button