Makin Keren, ITB STIKOM Bali Siap Menuju Kampus Kelas Global

Hadirkan Dua Dosen Valaya Alongkorn Rajabhat University Thailand

DENPASAR, MataDewata.com | Penguatan dalam upaya internasionalisasi kampus yang semakin keren (bagus) terus dilakukan (Institut Teknologi dan Bisnis) ITB STIKOM Bali. Kali ini dengan menggelar kerja sama menghadirkan dua orang dosen dari Valaya Alongkorn Rajabhat University Thailand yang dikemas dalam seminar yang berlangsung di ITB STIKOM Bali, Selasa (28/11/2023).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kesiswaan, Ida Bagus Suradarma, SE., mewakili Dr. Dadang Hermawan menyampaikan, ITB STIKOM Bali terus mengadakan terobosan guna menjadi World Class di bidang Pendidikan (Kampus Kelas Global). Sebagai perwujudan internasionalisasi kampus yang dicanangkan dari dua tahun lalu sesuai perkembangan waktu.

Sebelumnya telah mengadakan kerja sama pertukaran mahasiswa dengan Jepang, Malaysia, China, Prancis, Taiwan termasuk penjajakan kerja sama dengan kampus lainnya di Philipina, Kanada dan Turki. “Mahasiswa sudah dua kali berkunjung ke Thailand dan juga dua kali kunjungan balasan. Kita harapkan ini akan memberikan manfaat baik bagi dosen kita, maupun bagi mahasiswa dan institusi. Tentunya untuk lebih mengenalkan diri di dunia global,” terang Ida Bagus Suradarma.

Baca juga :  Dea Imut Gali Harmonisasi Antar Umat di ITB STIKOM Bali

Hadir sebagai narasumber Dr. Atchima Manthon dan Dr. Natradee Anupong dari Valaya Alongkorn Rajabhat University Thailand didampingi Direktur Kerja Sama Layanan Industri dan Hak Kekayaan Intelektual ITB STIKOM Bali, Dr. Evi Triandini sebagai moderator seminar. Kedua narasumber menyampaikan hasil penelitian yang diaplikasikan untuk memberikan bimbingan pada mahasiswa hingga implementasi untuk Masyarakat.

Pada kesempatan sama Evi Triandini menyampaikan, kegiatan kali ini adalah kunjungan balasan karena sebelumnya dosen beserta lima mahasiswa ITB STIKOM Bali telah mengunjungi Valaya Alongkorn Rajabhat University Thailand.

Pada kesempatan sama, Wakil Rektor III ITB STIKM Bali (Rektorat Kerja Sama, Pemasaran dan Inovasi), I Made Sarjana, SE.,MM., menegaskan Lecturer Exchange Welcoming Ceremony & Seminar ITB STIKOM Bali and Valaya Alongkorn Rajabhat University Thailand merupakan salah satu kegiatan penguatan kerja sama menuju kampus kelas global.

Baca juga :  ITB STIKOM Bali Lepas Empat Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka

“Ini Sebagai salah satu kegiatan. Beberapa bulan lalu mahasiswa thailand juga belajar di ITB STIKOM Bali. dan juga kunjungan balasan untuk belajar budaya di Thailand. Meningkatkan kompetesi dan wawasan dan meningkatkan jaringan dengan kampus di dunia khususnya di Asia Pasific. Kita berharap tahun 2035 kita sudah menjadi kampus kelas global, ini sebagai perwujudan dari internasionalisasi kita menuju kampus global,” terangnya lebih lanjut.

Hal senada juga disampaikan Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar yang menaungi ITB STIKOM Bali, Prof Dr. I Made Bandem, MA. Disampikan, pihak yayasan akan terus mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan kampus. Terlebih dalam upaya penguatan strategi menjadi kampus yang berkelas dunia. Berbagai kolaborasi yang sudah dan akan terus ditingkatkan ini tentu harapannya lulusan ITB STIKOM Bali akan memiliki nilai plus (tambah) di dunia kerja maupun industri.

Baca juga :  Dosen ITB STIKOM Bali Ciptakan Learning Management System untuk SMK PGRI 2 Badung

Saat ini kerja sama telah terjalin dengan Help University di Malaysia, serta penjajakan kerja sama dengan kampus di Australi. “Gelar penting di saat lulus untuk menjadi pegawai. Di dalam negeri bisa menggunakan S1 STIKOM. Kalua bekerja dengan pihak luar baik dalam maupun luar negeri yang berkelas internasional bisa menggunakan gelar double degree. Inilah alasan kami dari Yayasan memberikan dukungan penuh baik bagi Pendidikan, penelitian dan pengabdian,” tegas Prof. Bandem. Kd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button