Gelar Cek Kesehatan Gratis, Yayasan Usadha Belog Berpartisipasi pada Acara KBS Kesbangpol Bali

DENPASAR, MataDewata.com | Yayasan Usadha Belog Bali Indonesia turut berpartisipasi dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis dengan mengusung pengobatan tradisional Bali Kuno pada acara Karya Bhakti Sosial (KBS) yang ke-7 di POS terpadu KBS, Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Bali, Jumat (28/4/2023).

Ketua Yayasan Belog Bali Indonesia, Cabang Denpasar, Kadek Yasa yang akrab dipanggil Jro Mangku Goris, menyampaikan alasan yayasan ini hadir di tengah masyarakat yakni menjalankan program dari Bapak Gubernur Bali yakni melestarikan usada bali kuno. Jro Mangku Goris juga menyampaikan bahwa pihaknya siap memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat sejebag (seluruh) Bali khususnya maupun Nusantara pada umumnya.

Baca juga :  PPDN Bisa Vaksin di Wantilan DPRD
Ik-MD/ARW/NTB//23/2022/fm

“Kami telah bergerak sudah hampir 2 tahun dari Desa, Banjar di seluruh Bali. Yayasan ini sudah ada di seluruh Bali bahkan sampai ke Karangasem dan Jembrana. Kami mengusahakan untuk mensinergikan para usada yang berada di seluruh Bali dulu kemudian akan dikembangkan ke luar Bali karena misi kami adalah untuk melestarikan Usada Bali Kuno, memberikan pengobatan gratis, serta mendata pengusadha baru untuk diberikan pelatihan sampai menjadi pengusadha yang profesional dengan mendapatkan sertifikat resmi dan ID,” jelas Jro Mangku Goris.

Baca juga :  Universitas Udayana, RSUP Prof. Ngoerahdan RS Mata Bali Mandara Jalin Kolaborasi Kerja Sama dengan Lions Eye Institute

Dalam acara ini, Jro Mangku Goris juga memperkenalkan salah satu produk yang diracik sendiri oleh Jro Mangku Belog yang merupakan Ketua (Pusat) Yayasan Usadha Belog Bali Indonesia yakni Minyak Belog. Minyak ini sudah dapat dijumpai di minimarket-minimarket terdekat. “Minyak Belog bukan berarti bodoh namun Belog yang dimaksud adalah berpikir logis, dimana pepatah mengatakan Sing Belog Sing Seger. Apabila mereka tidak berpikir logis maka tidak akan sehat,” tungkas Jro Mangku Goris.

Ik-MD-ITB STIKOM Bali/Sab//16//2023/fm

Minyak ini disinyalir memiliki khasiat untuk menyembuhkan hingga 37 macam penyakit contohnya: sakit kepala, vertigo, asam lambung, asam urat, mag kronis, sesak napas, pilek, batuk, masalah kewanitaan, hingga hal-hal yang negatif atau penyakit niskala.

Baca juga :  Peningkatan Upaya Memutus Pandemi Covid-19 di Bali

Minyak Belog diracik dari 33 macam tumbuh-tumbuhan seperti: 11 macam kelapa, cengkeh, tabia bun, mesui, babakan pule, jebug garum, dan lain sebagainya. ” Kami dari Yayasan Usada Belog Bali sangat bersyukur telah diberikan ruang oleh Bapak Gubernur Bali untuk terus berkarya membantu masyarakat. Harapan kami selanjutnya agar dapat bersinergi dengan rumah sakit-rumah sakit di Bali karena Bapak Gubernur telah mendukung adanya rumah sakit yang mengusung pengobatan tradisional,” tutup Jro Mangku Goris. Ap-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button