IB. Alit Wiradana Dinobatkan sebagai Sekda Terbaik se-Indonesia

Kategori Collaboration dan Engagement

JAKARTA, MataDewata.com | Sekretaris Daerah Kota Denpasar (Sekda), IB. Alit Wiradana meraih penghargaan Sekretaris Daerah Terbaik se-Indonesia dalam ajang Digital Leadership Government Awards (DLGA) Tahun 2023. Penghargaan diserahkan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi di Grand Ballroom JIEXPO, Convention Center dan Theater Jakarta, Kamos (27/7/2023).

IB. Alit Wiradana menjadi Sekda (Kota) Terbaik se-Indonesia untuk Kategori Collaboration dan Engagement (Kolaborasi dan Keterlibatan) dari Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Sekda Denpasar ini masuk finalis DLGA ASKOMPSI Tahun 2023 terkait penerapan Digital Goverment Kategori Kota, bersama dua kota di Jawa Tengah (Kota Semarang dan Kota Surakarta). Tampak mendampingi Sekda Denpasar, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Cokorda Gede Partha Sudarsana.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Usai menerima penghargaan, Sekda IB. Alit Wiradana menyatakan prestasi yang diraih menjadi bukti keterlibatan dan pemahaman ASN dalam menjalankan program berbasis digital. Hal tersebut tentu dilaksanakan melalui Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perwali Smart City. Di bawah kepemimpinan serta strategi kebijakan Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara.

Baca juga :  Antisipasi Traffic Nataru, Smartfren Siapkan Peningkatan Kapasitas Jaringan

“Ini berkat bimbingan, arahan serta motivasi dari Bapak Wali Kota, Bapak Wakil Wali Kota dan dukungan seluruh OPD di Pemerintahan Kota Denpasar. Menjalankan Strategi Kepemimpinan Digital dengan membagi dua layanan. Baik Front Office melalui aplikasi layanan publik terpadu (Super Application DPS/Denpasar Prama Sewaka) yang berisi fitur lintas OPD serta Layanan Back Office dalam DIVOS (Denpasar Integrated Virtual Office) yang berisi aplikasi internal Pemkot Denpasar seperti Surat Menyurat Elektronik (e-surat), Kinerja dan Absensi Pegawai (Simak Dihati), Progress Anggaran dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam DPS saat ini yang paling popular di masyarakat adalah Layanan Pengaduan. Sehingga pengaduan masyarakat dapat tertangani dengan baik dan cepat. “Melalui aplikasi DPS pengaduan masyarakat bisa direspon dan ditangani dengan cepat. Tercatat rata-rata penanganan pengaduan oleh OPD adalah satu hari dari batas waktu tujuh hari sesuai Perwali. Kami mempunyai Dashboard untuk memantau dan mengontrol kedua layanan publik dan layanan internal tersebut,” ujarnya.

Baca juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Bulan Bakti Gotong Royong LPM Kecamatan Densel
Ik-MD-KUR-BPD-Bali//2/2022/fm

Lanjut menyampaikan, dalam menjalankan Kepemimpinan Digital diperlukan dukungan SDM yang memiliki kompetensi digital memadai. Mewujudkan SDM Digital, Pemkot Denpasar membangun kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Pemda, Perguruan Tinggi, Komunitas dan Praktisi dalam berbagai skema. Diantaranya dengan membangun Digital Talents Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA).

Mewujudkan tranformasi digital melalui keiikutsertaan dalam IGA (Innovative Government Award), KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik/Sinovik) serta terus mengembangkan DPS sebagai inovasi unggulan Pemkot Denpasar. Membangun kerja sama luar negeri seperti dengan Kota Darwin Australia, Kota Mossel Bay Afrika, British College untuk peningkatan perekonomian, ketenagakerjaan, pendidikan dan pariwisata.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Gelar Internalisasi Core Values BerAKHLAK

“Termasuk kerja sama antar Pemda dalam penanganan Inflasi, kerja sama dengan Komunitas/Kelompok Masyarakat seperti Dewan Smart City, Relawan TIK, Mafindo dan lainnya,” lanjut Sekda IB. Alit Wiradana.

Pada kesempatan tersebut Ketua ASKOMPSI, H. Muhammad Faisal mengatakan pelaksanaan DLGA Tahun 2023 dalam rangka mendorong percepatan terwujudnya Transformasi Digital di daerah. “Berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 telah ditetapkan beberapa daerah sebagai finalis dalam tiga kategori yaitu kategori Provinsi, Kabupaten dan Kota. Proses penilaian telah dimulai sejak akhir bulan Juni,” terangnya. St-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button