Pameran Art Therapy dr. Bagus Dkk

JAKARTA, MataDewata.com | Direktur Rumah Sakit Puri Raharja, Denpasar, dr. Bagus Darmayasa yang juga seorang seniman lukis bersama enam temannya melaksanakan pameran di Imperial Klub Golf Lippo Karawaci, Jakarta tanggal 23 Oktober hingga tanggal 6 November 2022 mendatang.

Dijelaskan dr. Bagus sapaan akrabnya, pameran bertajuk VartCINE 1 itu bagian dari aktivitas seni yang meningkatkan kesehatan mental. Dimana situasi saat ini membuat manusia harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Ik-MD-BPD Bali//26/2022/fm

Menjaga kesehatan mental, banyak orang mencoba cara kreatif dan berkesenian salah satunya melukis ia nilai memiliki dampak secara psikologis bagi yang melakukannya. “Kegiatan seni yang dilakukan, oleh kebanyakan orang, biasanya ditujukan sebagai wadah ekspresi diri,” tegas dr. Bagus, Selasa (25/10/2022).

Lanjut menyampaikan ketertarikan seseorang dalam melakukan kegiatan yang dipilih tentunya mendapatkan dorongan pikiran bawah sadar sehingga bisa tersalurkan. Hal tersebut yang ia rasakan mampu menimbulkan rasa nyaman dalam menjalani keseharian yang diselingi penyaluran bakat seni dalam kesibukannya menahkodai sebuah rumah sakit.

“Berdasarkan riset-riset ilmiah, seni merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, seni sering juga digunakan sebagai media untuk melakukan terapi psikologis yang lebih sering dikenal sebagai Art Therapy,” bebernya.

Diterangklan, art therapy merupakan kombinasi antara teknik-teknik terapi psikologis dan proses kreatif untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang. Tentu saja proses kreatif akan membantu seseorang mengeksplorasi diri dan lebih optimis dalam menjalankan kehaidupan. “Melalui seni kita dapat melihat konflik dalam diri yang dialami sehingga mempengaruhi pikiran, emosi dan perilaku,” beber pria yang juga suaka otomotif ini.

Ik-MD-KUR-BPD-Bali//2/2022/fm

Pameran di Imperial Klub Golf Lippo Karawaci dr. Bagus Dkk ini juga diikuti beberapa seniman asal Bali lainnya,seperti; Nyoman Sujana (kenyem), Made Astawa (Dolar), Wayan Suastama, Ketut Suasana (Kabul), Ni Wayan Sutariani. Selain itu ada juga seniman Raisa Alyaa Rizqi. “Masing-masing seniman pamerkan 10 lukisan. Total semua ada 70 lukisan,” terang dr. Bagus. Kp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button