Lapas Narkotika Bangli Ambil Bagian dalam Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan

Bergerak Bersama Bangun Citra Pemasyarakatan

JAKARTA, MataDewata.com | Memperkuat citra positif pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bangli, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali yang diikuti langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Bangli, Marulye Simbolon beserta satu anggota humas ikut serta ambil bagian dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM RI, bertempat di Hotel Hilton Garden Inn Jakarta.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 24-26 September 2024. Kegiatan yang bertajuk “Sinergi Merajut Citra Pemasyarakatan yang Berdampak” #HumasBergerakBersama, dihadiri oleh 150 peserta dari 54 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dari seluruh Indonesia dan Ditjenpas.

Baca juga :  Wabup Ketut Suiasa Paparkan Kinerja Penyelenggaraan PTSP dan PPB Kabupaten Badung

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga membuka secara langsung kegiatan ini. Dalam sambutannya Reynhard menyebut bahwa citra positif bukan hanya soal bagaimana masyarakat melihat institusi pemasyarakatan, tetapi juga tentang bagaimana pemasyarakatan dapat membangun kepercayaan dan dukungan dari masyarakat untuk setiap program pembinaan dan kebijakan yang dijalankan. Untuk itu, dibutuhkan sinergi demi publikasi yang lebih luas dan optimal.

“Publikasi yang dibuat bukan hanya untuk internal, tetapi juga eksternal. Kita perlu membuat kemasan yang menarik agar apa yang sudah dilakukan Pemasyarakatan bisa terinformasikan kepada masyarakat. Masyarakat perlu tahu kalau di Lapas dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kita melakukan pembinaan, juga capaian-capaian lainnya,” terang Reynhard.

Baca juga :  Ny. Putri Koster Harap ke Depan Kerajinan Nusantara Dapat Menjangkau Pasar Dunia

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Bangli, Marulye Simbolon, siap mendukung program ini dan mengungkapkan rasa bangganya atas terpilihnya sebagai salah satu UPT yang berkontribusi langsung menjadi bagian dalam pembentukan agen informasi dan publikasi pemasyarakatan tahun 2024. “Kegiatan ini sangat positif guna memperkuat sinergi kita dalam membangun citra pemasyarakatan yang profesional dan humanis di mata publik, dan Lapas Narkotika Bangli bangga bisa menjadi salah satu dari 54 UPT Pemasyarakatan yang ikut dalam kegiatan ini,” terangnya.

Kegiatan rakor ini diisi dengan berbagai workshop dan diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan humas dalam melakukan pengelolaan informasi. Dengan demikian, diharapkan para humas mampu menghadapi tantangan dalam menyampaikan pesan positif mengenai kinerja pemasyarakatan.

Baca juga :  Prospek Cuaca Wilayah Indonesia Tanggal 13-14 Maret 2024

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, memberikan apresiasi dan menyambut baik dengan adanya pembentukan agen informasi dan publikasi ini. Beliau berharap melalui kegiatan ini kedepannya seluruh satuan kerja di Bali, agar mampu terus meningkatkan kualitas layanan dan komunikasi publik demi mendukung visi Kemenkumham dalam membangun birokrasi yang berintegritas dan akuntabel.

“Dalam memberikan informasi, humas harus punya strategi komunikasi yang cepat, tepat dan terukur dalam membangun citra positif terlebih dalam situasi krisis komunikasi,” ucap Pramella, dalam kesempatan lain. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button