Karya Melaspas, Mendem Pedagingan di Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Pelaga

BADUNG, MataDewata.com | Wabup Suiasa menghadiri Karya Dewa Yadnya Melaspas, Mendem Pedagingan medasar Caru Manca Kelud di Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Pelaga, Selasa (25/6/2024). Karya Kapuput olih Ida Pedanda dari Griya Simpangan Pelaga dan dihadiri Nyonya Seniasih Giri Prasta, Perwakilan Dinas Kebudayaan, Camat Petang AA. Ngurah Raka Sukaeling, Bendesa Adat Pelaga Ketut Budayasa, Bendesa Alitan Majelis Desa Adat Kec. Petang beserta Bendesa Adat se-Kecamatan Petang.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen Pemerintah, Wabup menyerahkan secara simbolis bantuan dana Hibah APBD Perubahan tahun 2023 sebesar Rp5 miliar yang diterima oleh Bendesa Adat Pelaga.

Wabup Ketut Suiasa dalam sambutannya mengatakan, dirinya merasa bersyukur bisa hadir menyaksikan langsung pelaksanaan karya melaspas dan mendem pedagingan di Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Pelaga serta berharap dengan dilaksanakannya karya ini Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan kerahayuan pada masyarakat Desa Adat Pelaga dan juga Pemerintah Kabupaten Badung.

”Saya merasa bangga dan terkesima melihat hasil pembangunan krama Desa Adat Pelaga berupa Balai Banjar dan Pura Melanting, berharap dengan adanya Balai banjar ini bisa menjadi wadah dan tempat untuk melahirkan dan menyatukan pemikiran pemikiran yang baik dan luhur dalam melaksanakan perencanaan dan program yang ada di tingkat Desa Adat serta kedepannya Balai Banjar ini akan bisa bermanfaat untuk melestarikan seni, adat dan budaya yang didasari oleh pemikiran yang suci dan luhur sehingga terwujudnya keseimbangan alam sekala dan niskala,” ujarnya.

Sementara Bendesa Adat Desa Pelaga Ketut Budayasa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wabup Suiasa yang telah hadir dan ikut mendoakan karya melaspas tersebut. Dilaporkan bantuan hibah digunakan untuk pembangunan Pura Melanting dan Bale Banjar Desa Adat Pelaga.

”Kami sampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung sudah membantu melalui dana hibah pada APBD Perubahan tahun 2023 dan kepada Bapak Wabup Suiasa yang sudah meluangkan waktu untuk hadir sebagai upasaksi pada acara karya melaspas Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Pelaga,” ucapnya. Hb-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button