Rangkaian Festival Rumah Kakek Diapresiasi Kadis LHK Denpasar

Mendukung Program Pemerintah

DENPASAR, MataDewata.com | Rangkaian Festival Rumah Kakek mendapat Apresiasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Kadis LHK) Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa. Sebagaimana diketahui Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan (Rumah Kakek) Pasraman Satyam Eva Jayate terus berkomitmen untuk merawat lingkungan.

Tahun 2024 Festival Rumah Kakek pertama kali dilaksanakan diisi pembuatan dan penuangan Eco Enzim

Rumah Kakek juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas lingkungan seperti komunitas Eco Enzim, Sosial Project dan Malu Dong Buang sampah sembarangan. Selain komunitas lingkungan Rumah Kakek juga berkolaborasi dengan organisasi kemahasiswaan, kepemudaan hingga organisasi lintas.

Kadis LHK Ida Bagus Putra Wirabawa menyampaikan apresiasinya dan berharap dapat dilaksanakan secara kesinambungan juga bisa dilakukan secara mandiri. Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan penuangan dan pembuatan Eco Enzim yang berlangsung di Tukad Badung Rekreasi “Taman Korea” lingkungan Pasar Badung, Sabtu (25/5/2024).

“Saya apresiasi rumah Kakek yang terus fokus untuk melakukan aksi lingkungan dengan pembuatan dan penuangan Eco Enzim di Tukad Badung ini. Kami mengharapkan ke depan ini tetap berkesinambungan dan adik-adik yang hadir saat ini dapat melaksanakannya di rumah masing-masing,” ujar Ida Bagus Putra Wirabawa.

Lanjut pihaknya juga menyampaikan bahwasanya proses pemilahan sampah dan pembuatan sampah dapat dijadikan event lomba di tingkat sekolah untuk mendukung program pemerintah Kota Denpasar. “Juga bapak/ibu guru di sekolah dapat jadikan sebagai event lomba di akhir semester sehingga program dari pemerintah Kota Denpasar tentang pemilahan sampah dan ini merupakan hasil dari pemilahan sampah berupa Eco Enzim,” ujarnya.

Ik-MD-ITB STIKOM Bali//20/2025/f1

Menurutnya pemilahan sampah buah-buahan sangat bermanfaat. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak para peserta yang hadir agar nantinya dapat mengikuti kegiatan serupa ditempat lain. “Eco Enzim ini selain mengurangi sampah juga bermanfaat bagi perairan dan kesehatan. Marilah kita melakukan aksi nyata dengan penuangan Eco Enzim di Tukad Badung dan kita berharap nantinya adik-adik di sekolah untuk melakukan penuangan mungkin ditempat lain,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Umum Rumah Kakek Pasraman Satyam Eva, I Ketut Udi Prayudi mengungkapkan peserta yang hadir untuk penuangan Eco Enzim dan pembuatan Eco Enzim mencapai 245 orang. “Ya hari ini kita melaksanakan kegiatan penuangan dan pembuatan Eco Enzim di Tukad Badung (Pasar Badung). Peserta yang hadir sebanyak 245 orang, kita menuangkan Eco Enzim sebanyak 445 liter dan membuat Eco Enzim sebanyak 450 liter,” ungkapnya. On-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button