Ciwa Nataraja Tari Kebesaran Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

DENPASAR, MataDewata.com | Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar memiliki tari kebesaran yang disebut Ciwa Nataraja. Pencipta tari dan penata busana oleh N.L.N. Swasthi Widjaja Bandem, sedangkan penata iringannya oleh I Nyoman Windha. Tari kebesaran menggambarkan manifestasi Ciwa sebagai penari tertinggi yang menciptakan dunia lewat tari. Sebagai dewanya penari, Ciwa Nataraja secara terus menerus menari sehingga terciptanya ritme dan keteraturan dalam kosmos.

Baca juga :  Wisuda Generasi Pertama Merdeka Belajar ISI Denpasar

Pancaran energi suci Ciwa, kemudian bersatu dan terciptalah alam semesta beserta isinya. Tarian Ciwa Nataraja ditarik oleh 9 (sembilan) orang penari, seorang berperan sebagai Ciwa, sedangkan 8 (delapan) orang penari lainnya merupakan simbol dari pancaran energi suci Ciwa. Tarian Ciwa Nataraja merupakan perpaduan antara elemen-elemen tari Bali dengan elemen-elemen tari bharata natyam, yang menyatu tidak terpisahkan.

Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

ISI Denpasar juga memiliki lambang yang disebut Ciwa Nataraja yaitu perwujudan Ciwa sebagai dewa tertinggi pencipta seni. Sebagai dewa pencipta, keempat tangannya masing-masing memegang pustaka suci (simbol dari ilmu pengetahuan); alat musik (simbol dari seni dan budaya); genitri (simbol dari ikatan dan kekuatan ilmu pengetahuan); dan cemeti (simbol dari pemacu dan pengendali ilmu pengetahuan).

Baca juga :  Sejarah Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Dewa Ciwa yang berdiri di atas sebuah teratai; ditopang oleh seekor kura-kura besar (sebagai simbol dari keseimbangan dunia). Teratai menggambarkan sinar suci Tuhan Yang Maha Esa, serta nimbus yang melingkarinya menggambarkan kekuatan Tuhan Yang Maha Esa. Warna dasar merah hati melambangkan kesungguhan dan kecintaan, serta warna keemasan yang terdapat pada lambang menggambarkan keagungan dari seni, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sw-MD
Sumber: https://isi-dps.ac.id/tentang-isi-denpasar/

Baca juga :  Raih Gelar Sarjana Teknologi Pertanian Unud, Dorothy Bertie Rumuskan Strategi bagi UMKM Fruit in Bottle

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button