Pura Pasek Agung Tegal Denpasar Dipelaspas, Giri Prasta Bantu Rp2,068 Miliar

DENPASAR, MataDewata.com | Dibantu Giri Prasta Rp2,068 miliar Pura Pasek Agung Tegal Denpasar rampung dipugar. Di tengah hiruk pikuk pasca Pemilu 2024, pada Purnama Kesanga 24 Februari 2024 menjadi momen bersejarah bagi semeton Pura Pasek Agung Tegal Denpasar melaksanakan karya (upacara mecaru dan pemelaspasan).

Sebelumnya pemugaran pura dilakukan secara total terhadap 15 pelinggih dengan total anggaran sesuai bantuan yang diberikan oleh Bupati Giri Prasta. Orang nomer satu di Gumi Keris yang juga Ketua Maha Gotra Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali tampak hadir menyaksikan upacara Pecaruan dan Melaspas Pura Pasek Agung Tegal Denpasar.

Giri Prasta juga sangat mengapresiasi semangat semeton pengemon pura untuk memperbaiki parahyangan betara kawitan mereka. “Umat Hindu di Bali kesehariannya sangat marak aktivitas spiritual dan religius. Galungan, Kuningan, Nyepi, Saraswati, Pagerwesi. Belum lagi Purnama, Tilem, Tumpek dan Kajeng Kliwon serta Pawiwahan, metatah, ngotonin, nelu bulanin. Masih juga memikirkan perbaiki dan memperindah Pura,” ungkapnya.

Baca juga :  DLHK Denpasar Sigap Hentikan Pembakaran Sampah di Gunung Catur

“Berapa banyak waktu, tenaga yang dikeluarkan untuk aktivitas yadnya dan keagamaan, masih juga memikirkan untuk merehab pura. Untuk itulah pemerintah wajib hadir membantu krama Bali,” ujar Bupati Badung yang digadang-gadang untuk menjadi calon Gubernur Bali itu.

“Asal ada krama Bali yang akan memperbaiki Pura dan meyadnya maka tiang berusaha akan bantu,” lanjutnya. Pada kesempatan ini juga menandatangani prasasti pembangunan pura dan mepunia secara pribadi sebesar Rp40 juta yang diikuti punia dari Wakil Wali Kota Denpasar dan undangan lainnya.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pasupati di Pura Pelawatan Barong Bang Kuta

Kelihan Pura Pasek Agung Tegal Denpasar, Wayan Sudarta mengatakan bahwa Pura Warga Pasek ini terletak di tengah Kota Denpasar. Disungsung (dimiliki) ribuan kepala keluarga tidak hanya dari Denpasar saja, tetapi oleh 58 dadia alit dari seluruh Bali seperti dari Badung, Tabanan, Jembrana, Gianyar dan Buleleng. Wayan Sudarta juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Bupati Badung, sehingga cita-cita semeton merehab pura dapat terwujud dengan cepat.

Upacara pecaruan dan melaspas Pura Pasek Agung Tegal Denpasar dipuput oleh Ida Pandita Mpu Nabe Daksa Merta Yoga dari Griya Agung Beraban, Ida Pandita Mpu Daksa Prama Angga Yoga dari Griya Agung Tasik Denpasar, Ida Pandita Mpu Siwa Ananda dari Griya Kroya Asram Sumerta.

Baca juga :  Pemkab Tabanan Gelar Prosesi Nyegara Gunung Dudonan Karya Agung Kantor Bupati Tabanan

Tampak turut hadir dalam acara tersebut Ketua PHDI Bali I Nyoman Kenak, Camat Denpasar Barat, Bendesa Adat Denpasar, Pengurus Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Provinsi Bali dan seluruh Kelian Adat dan Kepala Lingkungan di lingkungan Pura Pasek Agung Tegal Denpasar serta para Ida Pandita Mpu dari beberapa kabupaten di Bali serta ratusan semeton yang memenuhi Pura Pasek Agung Tegal Denpasar. On-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button