Kolaborasi TPAKD Bangli Bersama OJK Regional 8 Bali Nusra Tingkatkan Akselerasi Akses Keuangan

Gelar Capacity Building

BANGLI, MataDewata.com | Akses keuangan bagi masyarakat khususnya di daerah merupakan poin krusial untuk pengembangan dan optimalisasi potensi unggulan daerah. Melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang merupakan suatu forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

TPAKD Kabupaten Bangli terus melakukan upaya-upaya meningkatkan kemudahan akses keuangan bagi masyarakat melalui program inovatif berdasarkan produk unggulan daerah yakni program KUR Klaster Petani Bawang Merah, melalui www.kurbali.com dan Gerakan Menabung Sampah. Bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Kabupaten Bangli dan TPAKD Kabupaten Bangli yakni melalui pelaksanaan Capacity Building dan Apresiasi Bank Sampah Unit Implementasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber serta Program Gerakan Menabung Sampah dilaksanakan Rabu (23/2022) bertempat di GOR Taman Bali Kabupaten Bangli.

Ik-MD-HJPB-RI//12/2022/fm

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, S.E., Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangli, Dr. I Putu Ganda Wijaya, S.Sos., MM, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, Bapak I Komang Pariartha, SH., MM, Kepala PT BPD Cabang Bangli, I Gusti Agung Suadnyana, ST, Wakil Pemimpin PT BNI Kantor Cabang Denpasar, Ni Nyoman Aniek Irayani, Direktur PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda), Bapak I Made Astawa, SE, Pemimpin PT Pegadaian Cabang Bangli, Bapak Gusti Nyoman Arka, dan Camat Bangli, Bapak Sang Made Agus Dwipayana, S.STP, Sekretaris Jendral Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Ni Wayan Riawati serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Bangli.

Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menyampaikan dalam sambutannya KUR Klaster Petani Bawang Merah merupakan langkah awal untuk pemberdayaan dan peningkatan produksi dari sisi permodalan untuk mendukung komoditas bawang merah yang merupakan produk unggulan Kabupaten Bangli serta dengan menukarkan sampah menjadi produk keuangan dari Lembaga Jasa Keuangan formal tentunya secara tidak langsung meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat. Selain itu terdapat beberapa usulan yang disampaikan untuk pengembangan program TPAKD Kabupaten Bangli salah satunya yakni penukaran tabungan sampah menjadi tabungan Simpanan Pelajar untuk mendukung Keputusan Presiden Republik Indonesia No: 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung dan Surat Edaran Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI No: SNKI-137/M.EKON/6/2022 perihal Akselerasi Implementasi Program Literasi dan Inklusi Keuangan.

Ik-MD-ITB-SB//14/2022/fm

Usulan tersebut disambut dengan baik oleh Bupati Bangli dengan penyerahan Intruksi Bupati Bangli tentang Gerakan Serentak Siswa Menabung (GERTAK SIRAMEN) kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bangli didampingi oleh Direktur PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). Dengan adanya intruksi dari Bupati Bangli diharapkan dapat mempermudah industri perbankan untuk dapat bekerjasama dengan pihak sekolah dalam implementasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR).

Kegiatan Capacity Building dibuka oleh Bupati Bangli dilanjutkan dengan pemaparan oleh PT BNI terkait pengembangan usaha bank sampah melalui agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dan tabungan emas dari PT Pegadaian. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat kewirausahaan dari pengurus Bank Sampah sekaligus meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat sekitar Bank Sampah Unit. Pn-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button