45 Tirta Nusantara Turut Sucikan Peresmian Rumah KaKek

Semangat di Hari Kebangkitan Nasional dan Saraswati

DENPASAR, MataDewata.com | 45 tirta (air suci) Nusantara yang berasal dari Indonesia bagian timur, tengah dan barat turut menyucikan peresmian Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Sabtu (20/05/2023) yang juga bertepatan pada hari Kebangkitan Nasional dan hari raya Saraswati.

Turut hadir dalam peresmian anggota DPR RI, I Nyoman Parta, Anggota DPD RI, Arya Weda Karna, Anggota DPRD Bali, Adhi Ardana, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara serta Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede.

Baca juga :  Ribuan Narapidana di Bali Terima Remisi Khusus Nyepi 1946 Caka
Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Ketua Umum Yayasan Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, I Ketut Udi Prayudi mengatakan 45 tirta ini berasal dari seluruh pura di nusantara yang dikumpulkan melalui gotong royong. “Tirta ini dikumpulkan melalui cara gotong royong dari teman-teman yang ada di seluruh Nusantara yang dikirimkan sejak dua (2) minggu lalu ke Rumah Kakek,” ujar I Ketut Udi Prayudi.

Udi Prayudi menjelaskan jumlah 45 tirta ini merupakan simbol semangat kebangsaan dan semangat kemerdekaan Indonesia yang diharapkan mampu terimplementasi di Rumah KaKek. “Angka 8, 17, dan 45 adalah angka yang dimaknai Rumah KaKek sebagai suatu bentuk semangat kebangsaan dan kebhinekaan. Setiap kegiatan yang ada disini dari mulai diskusi, seminar, rapat selalu memakai angka-angka tersebut termasuk jumlah Tirta untuk menyucikan Rumah KaKek,” ujarnya.

Baca juga :  Udi Prayudi: Masyarakat Harus Memilih dengan Kasih Sayang

Disamping disucikan dengan 45 Tirta Nusantara, peresmian Rumah KaKek juga dimeriahkan dengan penyatuan 45 mata air dari seluruh Indonesia dalam sebuah kolam. “Kolam ini adalah kolam kebangsaan yang berisi 45 mata air dari Nusantara. Kolam kebangsaan ini juga dapat dikatakan kolam kemanusian karena di kolam tersebut akan ada prosesi melempar koin harapan. Dimana nanti koin yang terlempar akan dikumpulkan dan disalurkan atas nama kemanusian,” tuturnya.

Baca juga :  Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Lanjutkan Roadshow Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi

Perlu diketahui Rumah KaKek dibangun dengan konsep yang mengedepankan semangat kebangsaan dan kebhinekaan. Pembangunan Rumah KaKek ini pun dilakukan secara bergotong royong yang ditunjukan untuk generasi muda Indonesia mengembangkan daya kreativitas dan inovasinya untuk bangsa dan negara. ON-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button