Ganti Nama, IHDN Menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DENPASAR, MataDewata.com | Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar yang terus diperjuangkannya untuk bisa naik status menjadi Universitas akhirnya terwujud pada, Minggu, (20/12/2020). Ditandai Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi menganti nama IHDN Denpasar menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar yang bertempat di Jalan Ratna, Tonja, Denpasar Utara.

Karrna hal itu, Gubernur Bali, Wayan Koster meluapkan rasa kebahagiaannya dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu, Dr. Tri Handoko Seto, Pejabat di Kementrian PAN-RB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Hukum dan HAM, hingga Sekretariat Negara.

Baca juga :  Ilmu Pengetahuan Turun saat Hari Raya Saraswati

“Astungkara IHDN telah berhasil menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, sehingga atas kebijakan yang telah diberikan, saya mewakili Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Bali mengucapkan terimakasih,” ujar Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng itu.

Ik/MD-Nataru//19/2020/1bln

Menurut Koster, peningkatan status Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar menjadi Universitas adalah hasil perjuangannya di era saat dirinya menjadi Anggota DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan selama tiga periode (2004-2019). Bertugas di Komisi X dan di Badan Anggaran DPR-RI dengan memperjuangkan kebijakan Pendidikan Keagamaan berkaitan dengan kebijakan pendidikan bagi umat Hindu, Kristen/Katholik, dan Budha.

Baca juga :  SD Negeri 1 Gianyar Pegang Tiket Melaju ke Babak Final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SD se-Bali

“Saat itu saya menemui langsung Menteri Agama RI (2004-2009), Bapak Muhammad Maftuh Basyuni,” ujarnya seraya mengatakan selain mengusulkan peningkatan status IHDN Denpasar menjadi Universitas, Wayan Koster juga mengusulkan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri di Mataram dan Palangkaraya menjadi Institut Hindu Dharma Negeri, dan Berdirinya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Mendengar hal itu Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster di bidang pendidikan, khususnya pendidikan agama Hindu. Apalagi Gubernur Koster akan melakukan pengadaan lahan untuk membangun Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar bersama Bupati Bangli terlantik di Kabupaten Bangli.

Baca juga :  Sejarah Universitas Udayana sebagai Perguruan Tinggi Tertua di Bali

“Hari ini sangat bersejarah dapat mewujudkan peningkatan status IHDN menjadi Universitas dan sudah memenuhi syarat menjadi Universitas. Saya harap UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terus menampilkan citra yang baik, dan berbenah agar memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dengan dilengkapi prasarana yang berteknologi,” ujarnya didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu, Dr. Tri Handoko Seto. Rls-1

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button