Heboh Restoran The Cave di Badung Selatan

BADUNG, MataDewata.com | Sebuah gua yang dijadikan restoran di kawasan hotel Jalan Pura Goa Lempeh, Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Menjadi berita yang menghebohkan di tengah mulai bangkitnya kepariwisataan di Pulau Dewata. Gua sekitar 12 meter persegi itu lengkap dengan pemandangan stalaktit serta stalakmit.

Untuk memasuki gua pengunjung harus melewati satu pintu dengan tangga menurun. Saat berada di dasar gua pengunjung akan disajikan pemandangan restoran layaknya berada di sebuah kawasan yang seharusnya dijaga atau dikelola pemerintah sebagai salah satu cagar budaya alam Indonesia. Keberadaan template tersebut awalnya menjadi perbincangan di media sosial (Medsos).

Baca juga :  Karya Melaspas, Mendem Pedagingan di Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Pelaga
Ik-MD-SK-ITB-STIKOM-Bali//11/2022/fm

Kendati baru diketahui secara umum, namun sudah bisa dipastikan gua adalah buatan alam bukan rekayasa manusia karena terbentuk secara alami. Cukup disayangkan pihak hotel tidak membuat laporan ke instansi terakait atas penemuan gua sebelum menjadikan restoran. Bahkan kini banyak masyarakat mempertanyakan keamanan dan kelestarian gua tersebut.

Ik-MD-ID-PLD//7/2022/2022/fm

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, menutup sementara tempat tersebut, setelah adanya inspeksi mendadak Selasa (19/7/2022). Restoran itu baru boleh beroperasi jika telah mendapat kepastian hukum dari Dinas Perizinan dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung serta instasi terkait lainnya.

Baca juga :  Menparekraf Tindak Lanjuti Langsung Permintaan Kadin Bali

Di dalam gua suasana terasa dingin dan lembab, diterangi lampu kuning yang ditempel di dinding gua. Restoran juga dilengkapi. Kitchen set dan pada bagian tengah ada sebuah meja. Juga terdapat sebuah tangga menuju sisi lainnya yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit namun tidak terlalu luas. Juga terdapat sebuah kolam kecil dimana menurut informasi dibuat pengelola dengan alasan untuk menampung tetesan air. Md-9

Baca juga :  Sambut Kedatangan Kapal Pesiar Pertama di Tahun 2023, MV Westerdam Sandar Perdana di Pelabuhan Benoa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button