Waspada Penipuan Berkedok Pengiriman Paket dan Undangan Pernikahan

Berikut Tips dari Bank BPD Bali

DENPASAR, MataDewata.com | Waspada penipuan berkedok pengiriman paket di mana pelaku kejahatan akan berpura-pura mengirimkan resi paket online melalui WhatsApp (WA). Berupa file ekstensi APK (Android Package Kit) yang dapat mencuri data pribadi yang tersimpan dalam handphone.

Berikut beberapa cara mengenali modus penipuan jenis ini: 1). Pelaku kejahatan berpura-pura sebagai kurir yang ingin mengirimkan paket melalui WA; 2). Mengirim aplikasi dalam bentuk file APK (aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data HP); 3). Meminta untuk membuka file APK.

Baca juga :  SMS Notifikasi Bank BPD Bali
Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Berikut tips terhindar dari penipuan: 1). Jaga kerahasiaan data pribadi anda; 2). Bank tidak pernah meminta data nasabah seperti: PIN ATM, User id, Password; 3). Hati-hati jika dihubungi nomor tidak dikenal; 4). Jangan mengunduh (download) dan menginstall aplikasi apapun dari sumber yang tidak terpercaya.

5). Jangan mengklik tautan/link apapun dari sumber tidak dikenal atau iklan online; 6). Cek rekening anda secara berkala 7. Hubungi BPD Bali call 1500844/datang ke kantor Bank terdekat; 7). Hubungi Bank BPD Bali call 1500844/datang ke kantor bank terdekat.

Baca juga :  Kakanwil Kemenkumham Bali Terima Kunjungan Kanwil DJP Bali

Selanjutnya nasabah juga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan berkedok undangan pernikahan. Pelaku kejahatan awalnya akan berpura-pura mengirimkan undangan pernikahan melalui WhatsApp (WA). Berupa file ekstensi APK (Android Package Kit) yang dapat mencuri data pribadi yang tersimpan dalam handphone.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Mendapati adanya potensi penipuan ini, para nasabah diimbau: 1). Menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi perbankan anda; 2). Pastikan selalu mengakses akun resmi Bank BPD Ball; 3). cek rekening anda secara berkala; 4). Abaikan pesan mencurigakan dari pihak yang tidak dikenal atau tidak terpercaya.

Baca juga :  Sejuta Pelanggan Nikmati Digitalisasi kWh Meter se-Indonesia

5). Jangan mengunduh (download) dan menginstall aplikasi apapun dari sumber yang tidak terpercaya; 6). Jangan mengklik tautan/link apapun dari sumber tidak dikenal atau iklan online; 7). Bank tidak pernah meminta data nasabah seperti: PIN ATM, User Id. Password, kode aktivasi/OTP. Ik-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button