Bupati Sanjaya Gasss Kannn Posyandu, 10 Program Pokok PKK dan Semara Ratih

Penguatan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

TABANAN, MataDewata.com | Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., menyampaikan pentingnya penguatan (Gasss Kannn) Program Posyandu, 10 Program Pokok PKK didukung program baru dari Pemkab Tabanan “Semara Ratih” demi menyongsong Indonesia Emas. Ditegaskan Bupati, peran Posyandu dan PKK tidak boleh diremehkan karena telah menjadi bagian fundamental dalam membangun bangsa.

Lebih lanjut dikatakan, Posyandu sebagai wadah pelayanan kesehatan terdepan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat. Hal terpenting utamanya seperti menjaga kesehatan ibu dan memantau pertumbuhan anak. Tentu dua hal itu didukung program Semara Ratih untuk mengetahui kesehatan calon pengantin (pra nikah). “Jika program dari Posyandu sudah dilaksanakan dengan baik, saya kira tidak akan ada masalah tentang Stunting, gizi buruk dan lain-lain di Tabanan,” tegasnya, Kamis, (20/7/2023).

Ik/MD-BPD Bali-KK//15/2023/fm

Bupati Sanjaya sangat menyayangkan peran dari Posyandu sering dianggap remeh di lingkungan sekitar padahal sangat pentingnya dampak bagi masyarakat. Diharapkan setiap daerah di Kabupaten Tabanan harus menumbuhkan kembali serta memprioritaskan program tersebut sebagai garda terdepan untuk memantau tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan.

Selain Posyandu, 10 Program PKK juga diharapkan dapat dipupuk dan diperkuat kembali demi menuju Indonesia Emas. Hal ini diperlukan untuk menumbuhkan inovasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Tentu menjadi tantangan dalam mewujudkan Visi dan Misi Gerakan PKK yang membutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan upaya untuk menggerakkan PKK hingga di tingkat Desa/Kader, Dasa Wisma sebagai ujung tombak pelaksanaan 10 program tersebut.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Program yang menjadi bagian dari pembangunan nasional itu perlu terus dipacu seirama dengan dinamika pembangunan, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Mengembangkan tata kehidupan masyarakat khususnya Gerakan PKK yang saat ini gencar dikembangkan yakni AKU HATINYA (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur, Indah dan Nyaman) PKK. “Jangan remehkan 10 Program Pokok PKK. PKK harus selalu dilibatkan dalam kegiatan apapun di Desa. Jangan sampai ada kegiatan di Desa, tetapi tidak mengundang PKK Desa,” tegas Komang Sanjaya.

Ditanya mengenai Program Semara Ratih? Bupati Sanjaya menyampaikan, bahwa program tersebut bertujuan untuk membentuk semangat pelayanan Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam urusan melayani masyarakat di seluruh aspek kehidupan sesuai harapan Tabanan Era Baru.

Ik-MD-BPD Bali//26/2022/fm

Program inovasi yang merupakan adopsi dari Program Desa Tegalmengkeb dan Program “Ngantor” di Desa ini telah disosialisasikan Bupati Tabanan di setiap kunjungan kerjanya. Seperti halnya sebelum perkawinan calon pasangan pengantin terlebih dahulu melakukan konseling berkaitan dengan reproduksi, tradisi, adat dan budaya, ajaran keagamaan, keamanan dan sosialisasi dokumen kependudukan.

“Secara fisik dan mental kedua mempelai sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga, dengan harapan tindak ada kekerasan dalam rumah tangga dan cinta kasih mereka langgeng, seperti Semara Ratih,” imbuh Komang Sanjaya seraya mengatakan dengan penguatan 3 Program tersebut, Bupati Sanjaya optimis tidak akan ada lagi masalah stunting, gizi buruk, tumbuh kembang anak terhambat, kemiskinan dan kekerasan dalam rumah tangga di Indonesia. “Jika program itu telah dilaksanakan dengan baik, barulah kita bisa menuju era Indonesia Emas,” tutupnya. PA-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button