SMP Harapan Nusantara Denpasar, Gali Potensi dan Bakat Siswa Melalui Berbagai Lomba

DENPASAR, MataDewata.com | SMP Harapan Nusantara Denpasar di bawah naungan Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara, menggali potensi siswa melalui berbagai ajang lomba. Seperti pada kegiatan yang dilaksanakan serangkaian memeriahkan HUT ke-23 Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara yang dirangkai juga dengan kegiatan HUT Ke-235 Kota Denpasar.

Kegiatan lomba diselenggarakan dari tingkat SD, SMP hingga SMA dalam satu lingkup Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara, sehingga menjadi satu momentum yang sangat dinantikan oleh semua peserta didik. Menjadi ajang meningkatkan kemampuan dan potensi diri siswa. Kegiatan lomba berlangsung di Aula dan lingkungan Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara Denpasar dari tanggal 17-24 Februari 2023.

Ik-MD-ITB STIKOM Bali-PMB//1/023/fm

Ketua panitia pelaksana HUT Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara, Uttami Wijayanti, STP.,M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara serangkaian dengan HUT Ke-235 Kota Denpasar dan panitia khususnya untuk SMP akan mengadakan dua jenis lomba yang diikuti baik secara internal maupun eksternal.

Baca juga :  Sejarah Berdirinya Universitas Hindu Indonesia (UNHI)

“Terkait dengan kegiatan lomba di Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara ini dirangkaikan dengan HUT Kota Denpasar yang ke-235 jadi kami dari panitia khususnya SMP itu mengadakan dua jenis lomba, ekstern dan intern,” ujar Uttami Wijayanti, Senin (20/2/2023).

Ditambahkannya, jadi lomba eksternal ini ada tiga kategori yaitu ada lomba bidang akademis ada bidang seni dan ada bidang olahraga. “Tujuannya selain mencari bibit-bibit baru di kalangan anak-anak sekolah dasar juga untuk memperkenalkan keberadaan sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Harapan Nusantara baik dari tingkat TK, SD, SMP maupun SMA. Untuk internalnya jadi kita ada kurang lebih 8 lomba diantaranya ada Truna Truni HN yang setelah tiga tahun tidak berlangsung akibat pandemi, juga ada lomba basket 3 on 3, lomba stand up comedy, ada lomba futsal, ada lomba MC, ada lomba dance dan lomba lagu,” terangnya.

Baca juga :  Pertandingan Persahabatan Tenis Lapangan Universitas Udayana dengan Universitas Indonesia
Ik-MD-Bank BPD Bali-QCB//1/2023/fm

Lebih lanjut Uttami Wijayanti, menyampaikan bahwa, kegiatan intern bertujuan untuk meningkatkan potensi dan menggali bakat anak-anak, melatih keberanian siswa dan komunikasi antara siswa. “Kalau intern meningkatkan potensi siswa, menggali bakat anak-anak melatih mereka untuk berani tampil di depan umum kemudian kalau lombanya berpasangan jadi bisa berinteraksi dan melakukan komunikasi antara satu dengan yang lain teman-temannya,” tuturnya.

lebih jauh, dirinya mengatakan bahwa, Kegiatan lomba tahun ini akan bersamaan dengan kegiatan HUT kota Denpasar sehingga tantangan yang menjadi kendala adalah Sekolah Dasar (SD) sekitar Denpasar mempersiapkan dan seleksi siswanya untuk mewakili sekolahnya mengikuti lomba Porseni dan Porsenijar yang diadakan oleh gugus kota Denpasar. Kendatipun demikian, dirinya mengatakan bahwa tantangannya sudah teratasi dan kegiatan sedang berlangsung.

“Tantangannya adalah kita melaksanakan kegiatan ini saat memasuki semester 2 jadi mana di SD sekitar kota Denpasar juga ada seleksi di tingkat gugus untuk kegiatan Porseni dan Porsenijar jadi kebanyakan sekolah itu jadi mungkin memilih peserta agak bingung karena banyak wakil-wakil dari SD yang bagus-bagus itu sudah ikut seleksi di gugus. Tantangannya sudah teratasi, buktinya lomba sudah berjalan dan respon dari anak-anak SD juga sudah lumayanlah jadi peserta hampir 150 lah dari 3 jenis lomba akademis maupun seni dan olahraga,” tegasnya.

Baca juga :  Pengabdian Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana di Panti Asuhan Dharma Jati I

Meski banyak kegiatan lomba yang diadakan oleh pihak sekolah namun tidak menghambat panitia dan sekolah untuk mengirim peserta didiknya mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh gugus kota Denpasar dan telah memasuki tahap seleksi. “Oh iya ada karena lomba yang diselenggarakan oleh tingkat kota itu namanya ada Porseni dan Porsenijar jadi mereka sedang mempersiapkan untuk mulai memasuki tahap seleksi,” tutupnya. On-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button