Sukses Pelaksanaan Presidensi G20 Berkat Upaya Skala dan Doa Bersama

Suasana Cerah dan Terang

DENPASAR, MataDewata.com | Presidensi G20 berjalan lancar dan sukses tidak terlepas dari upaya secara Sakala (langsung) dan Niskala (tidak langsung/ritual agama) yang dilakukan Gubernur Bali, Wayan Koster secara langsung melaksanakan Upacara Ngrastiti Bhakti, nunas ica, secara khusus memohon agar penyelenggaraan Pertemuan Presidensi G20 berjalan dengan lancar, nyaman, aman, damai dan sukses. Bahkan yang sangat menarik memohon agar tidak ada hujan selama berlangsungnya Pertemuan Presidensi G20.

Upacara Ngerastiti Bhakti telah dilakukan di 23 Pura Kahyangan Jagat: Tanggal 17 Januari 2022 (Soma Pon, Matal) bertepatan dengan Purnama Kaulu, di 6 Pura; Pura Panataran Silawana Hyang Sari, Lempuyang; Pura Andakasa; Pura Goa Lawah; Pura Batukau; Pura Uluwatu dan di Pura Wi Mukti.

Ik-MD-BPD Bali//26/2022/fm

Melaksanakan Ngider Bhuwana tanggal 6 Pebruari 2022 (Redite Pon, Prangbakat), di 4 Pura: Pura Puncak Mangu; Pura Ulun Danu, Songan; Pura Agung Besakih (Dalem Puri, Basukian, Sunarin Jagat, dan Padma Tiga); dan di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir.

Lanjutan melaksanakan Ngider Bhuwana tanggal 8 Pebruari 2022 (Anggara Kasih, Prangbakat), di 2 Pura: Pura Bukit Indrakila; dan di Pura Hyang Aluh/Prajapati, Besakih. Tanggal 9 Oktober 2022 (Redite Pon, Dukut), di 8 Pura: Pura Silawana Hyang Sari; Pura Windhu Sari; Pura Silayukti; Pura Andakasa; Pura Gowa Lawah; Pura Dalem Sakenan; Pura Geger; dan Pura Uluwatu. Tanggal 12 November 2022 (Saniscara Paing, Ukir), di 3 Pura: Pura Pucak Sinunggal; Pura Bukit Indrakila dan di Pura Tegal Suci Pagenian, Besakih.

Gubernur Bali, Wayan Koster dengan menugaskan semua Bendesa Desa Adat di wilayah Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Selatan dan Kecamatan Denpasar Selatan, untuk bersama-sama Ngerastiti Bhakti sekaligus Nyejer, mulai tanggal 12-17 November 2022.

Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Melaksanakan Upacara Doa Bersama, pada tanggal 26 Oktober 2022 (Buda Kliwon, Sinta) bertepatan dengan Hari Suci Pagerwesi, pukul 18:00 Wita di Peninsula, ITDC Nusa Dua, yang diikuti oleh 1.300 Pamangku dan Pemimpin Umat Beragama dan dihadiri oleh Menko Maritim dan Investasi, Luhut B. Panjaitan.

Doa Bersama dipimpin Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pemayun. Pelaksanaan Doa Bersama juga diikuti secara serentak oleh para Pamangku, Prajuru Desa Adat dan Krama Desa Adat, di Pura Puseh/Pura Desa yang ada di 1.493 Desa Adat se-Bali.

Ik-MD-KUR-BPD-Bali//2/2022/fm

Pada Acara Gala Dinner, di tempat terbuka, dengan hiasan panggung yang luar biasa, tanggal 15 November 2022, pukul 19:30 Wita di Garuda Wisnu Kencana, semula dikhawatirkan akan terjadi hujan, namun selama acara berlangsung, sama sekali tidak ada hujan, suasana sangat cerah dan terang, bahkan terlihat banyak bintang.

Demikian halnya, pada saat para Kepala Negara melaksanakan penanaman mangrove di Tahura tanggal 16 November 2022 pukul 08:30 Wita, semula dikhawatirkan akan ada hujan. “Astungkara, sama sekali tidak ada hujan, suasana cerah dan terang,’ ujar Gubernur Bali, Wayan Koster di Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar, Jumat (18/11/2022) lanjut mnenyampaikan kondisi yang baik ini bisa dicapai, hanya dengan Doa Ngrastiti Bhakti, sama sekali tidak memakai pawang hujan. Hp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button